Untuk memenuhi tanggung jawab sosial, Mercedes-Benz menawarkan dukungan dengan memproduksi peralatan medis menggunakan printer 3D. (Foto: (Foto: AFP)

Atasi Corona, Mercedes-Benz Siapkan Printer 3D Produksi Alat Kesehatan

Riyandy Aristyo

STUTTGART, iNews.id - Pandemi virus corona (Covid-19) telah mewabah di dunia saat ini. Untuk memenuhi tanggung jawab sosial, Mercedes-Benz menawarkan dukungan dengan memproduksi peralatan medis.

Dikutip dari MarketWatch, Selasa (31/3/2020), pabrikan mobil mewah asal Jerman ini menawarkan sejumlah printer tiga dimensinya untuk memproduksi alat-alat medis dalam menangani pandemi Covid-19.

Anggota Dewan Manajemen Mercedes-Benz AG, untuk Produksi dan Rantai Suplai, Jorg Burzer mengatakan, pihaknya memiliki tim yang kompeten dan berpengalaman selama bertahun-tahun dalam teknologi pencetakan 3D yang siap produksi perangkat medis.

"Keahlian dan pengetahuan khusus kami tersedia untuk produksi. Sekarang terserah sektor teknologi medis untuk menghubungi kami. Printer 3D kami pasti tersedia," katanya.

Di sektor mobil penumpang, pencetakan 3D biasanya digunakan dalam konstruksi prototipe dan produksi seri kecil. Mercedes Benz sudah menggunakan mesin cetak 3D untuk memproduksi hingga 150.000 komponen plastik dan logam setiap tahun.

Semua proses pencetakan 3D dapat digunakan mulai dari stereolithography (SLA), Selective Laser Sintering (SLS) dan Fused Deposition Modeling (FDM) hingga Selective Laser Melting (SLM).

Bahan baku yang digunakan antara lain serbuk plastik dan logam atau resin yang disatukan sumber energi, biasanya menggunakan laser. Setelah selesai, lapisan baru akan dipadatkan berulang hingga komponen tiga dimensi terbentuk.


Editor : Dani Dahwilani

BERITA TERKAIT