Berikut deretan lampu LED paling terang untuk motor yang bisa menjadi referensi Anda saat akan mengganti sistem penerangan kendaraan. (Foto: Ist/World Bike)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Deretan lampu LED paling terang untuk motor bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mengganti penerangan kendaraan lebih baik. Pada motor baru penggunaan lampu LED sudah menjadi standar pabrikan.

Namun, untuk motor lawas kebanyakan masih menggunakan lampu biasa (bolham/halogen). Untuk mendapatkan lampu lebih terang, Anda bisa menggantinya dengan LED. Selain terlihat lebih keren, lampu LED konsumsi energinya lebih kecil (efisien) dan awet. 

Perlu diketahui, terdapat tiga jenis LED yang sering digunakan pada motor, yaitu  LED 3 sisi, 4 sisi, dan 6 sisi. Ketiga LED tersebut, tersedia dalam berbagai merek.

Lantas apa saja lampu LED paling terang untuk motor? Berikut deretannya.

1. RTD LED H6 M11G 2 sisi. 

Lampu yang satu ini memiliki spesifikasi yang sangat bagus dan cukup terang untuk motor. Spesifikasi RTD LED H6 M11G 2 sisi mendukung untuk lampu dekat dan jauh. 

Lampu ini dapat menyala dengan arus DC-18 Watt, serta memakai tipe pemasangan PNP. Harga pasaran lampu ini umumnya adalah Rp 50 ribu. Lampu ini cocok untuk kendaraan yang memakai soket lampu H6.

2. RTD LED M02G 3 Sisi

Tipe lain yang tak kalah terang yaitu RTD LED M02G 3 sisi. LED ini memiliki spesifikasi tidak kalah mumpuni dari tipe sebelumnya. Lampu ini memerlukan power sebesar 40 watt dan dapat menyorotkan warna putih terang sampai 6000 kelvin. 

Saat masuk pada mode 24W, LED ini akan menyala 2 sisi. Sementara ketika masuk mode jarak jauh, lampu ini membutuhkan daya sebesar 36W yang akan menyala 3 sisi secara bersamaan. Harga lampu ini dipasaran adalah berada di kisaran Rp110 ribu.

3. RTD M02H LED 4 Sisi

Masih dengan merek RTD, lampu LED paling terang untuk motor berikutnya adalah RTD M02H LED 4 sisi.  Lampu LED ini bisa menyala dengan sangat terang pada setiap sisinya. Di kelasnya, bahkan lampu ini tergolong cukup jernih.

RTD M02H LED 4 sisi dapat memancarkan warna putih hingga 6500 kelvin dan blue ice hingga 8000 kelvin.  Selain itu, lampu ini dilengkapi warm white sebesar 4300 kelvin. Daya yang dibutuhkan lampu ini adalah 43 watt. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yakni kisaran Rp120 ribu.

4. RTD LED 6 Sisi

RTD LED 6 sisi dapat menjadi pilihan Anda yang mencari lampu LED motor paling terang.

Dijual dengan harga yang cukup murah, lampu LED ini dapat memberikan nyala terang sangat baik. Meski terbilang murah, lampu RTD yang satu ini ini dapat digunakan di seluruh jenis motor kecuali dengan soket H7.

5. Osram CW 6000k Vario 125

LED motor paling terang selanjutnya adalah Osram CW 6000k Vario 125.  Lampu ini memang dikhususkan untuk pengguna motor matik Vario 125. Lampu ini mampu menghasilkan sorotan cahaya putih terang sebesar 6000 kelvin. Harga pasaran lampu ini adalah Rp 135 ribu.

6.  Osram LED T19 M5 K1

Osram LED T19 M5 K1 menjadi lampu LED paling terang untuk motor berikutnya. LED ini dapat menyala dengan tegangan arus sebesar 12 V serta daya 5/6W. 

Lampu ini disebut sangat hemat energi dengan sorot mencapai 6000 kelvin. Beberapa jenis motor seperti Honda Vario, Beat, hingga  Yamaha Jupiter dapat memakai LED ini. 

7. Philips Lamp Beads M2A LED

Lampu LED paling terang untuk motor berikutnya adalah Phillips Beads M2A LED. Lampu ini mempunyai 2 sisi yang masing-masing memerlukan daya sebesar 8 watt.

LED ini juga cocok dipakai untuk berbagai jenis motor. Kelebihan LED ini adalah memerlukan sedikit daya. 

8. Philips Tyto M2A Putih soket H6

Lampu LED paling terang untuk motor berikutnya adalah Philips Tyto M2A Putih soket H6. Lampu yang memiliki kualitas bagus ini dapat menyorotkan warna pure white mencapai 5500 kelvin. 

Lampu ini menggunakan jenis soket H6 dan cocok dipakai untuk semua jenis motor. Harganya juga sangat murah yakni sekitar Rp50 ribu saja.

9. Autovision RZ1

Autovision LED RZ1 merupakan lampu LED paling terang untuk motor berikutnya. Dibandingkan lampu standar, lampu LED ini memiliki nyala jauh lebih terang dengan cahaya putih 5700 kelvin. Selain itu, Autovision RZ1 juga sangat cocok untuk berbagai jenis motor bebek.

10. Luminos Led H6 ACDC

Luminos LED H6 ACDC juga menjadi salah satu lampu terang untuk motor yang perlu dicoba. Pasalnya, LED ini mempunyai bentuk ramping dengan 2 sisi. 

Meskipun begitu, pencahayaan dari LED yang satu ini terbilang sangat baik dan terang. LED ini cocok untuk motor dengan soket H6.

Itulah deretan lampu LED paling terang untuk motor yang bisa menjadi referensi Anda saat akan mengganti sistem penerangan kendaraan.



Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT