Sewa mobil bagi sebagian individu dan perusahaan dinilai lebih praktis karena tidak diribetkan biaya perawatan kendaraan. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)
Dani M Dahwilani

JAKARTA, iNews.id  – Mengendarai kendaraan tidak perlu memiliki mobil, kini menjadi tren bagi sebagian masyarakat. Ini terutama para ekspatriat (warga asing yang tinggal/bekerja di Indonesia) atau orang yang bekerja di luar kota.

Tak hanya pengguna individu sejumlah perusahaan (B2B) dan lembaga juga banyak yang memilih menggunakan jasa rental atau sewa mobil karena lebih praktis tidak dibebankan pengurusan surat-surat, pajak serta perawatan kendaraan. Tak heran jika bisnis sewa mobil berkembang.

Di sisi lain, beradasarkan data Gaikindo, sepanjang Januari-September 2021, penjualan ritel (retail sales) mobil di Indonesia mencapai sekitar 600.000 unit, dan wholesales menjadi sekitar 627.000 unit. Angka ini tumbuh, termasuk dari pelaku rental mobil.

Chief Commercial Officer MPMRent, Oky Gunawan mengatakan, seiring dengan pesatnya digitalisasi di berbagai sektor membuat masyarakat semakin menginginkan kemudahan dan proses cepat terutama dalam kebutuhan kendaraan. Banyak pengguna yang menginginkan sewa mobil secara online.

"Perusahaan senantiasa melakukan review dan evaluasi terhadap kegiatan operasional bisnis  untuk dapat menemukan hal-hal yang perlu disempurnakan. Proses penyewaan mobil oleh pelanggan korporasi kini kami permudah dengan tambahan fitur Sewa Sekarang pada website sehingga pengguna jasa dimudahkan," ujarnya, dalam keterangan pers, Kamis (14/10/2021).

Dia menuturkan dalam fitur Sewa Sekarang, pengguna dapat melakukan pengisian beberapa data, seperti nama pemesan, nomor kontak pemesan dan perusahaan, lokasi, pilihan layanan yang dibutuhkan, serta jangka waktu penggunaan (short term atau long term). 

“Fitur ini melengkapi beberapa channel pemesanan lainnya yang telah disediakan, yaitu chat melalui WhatsApp Bisnis dan layanan contact center yang tersedia selama 24 jam 7 hari,” kata Oky.
 
Dia menyebutkan perusahaan saat ini telah diperkuat kantor cabang di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimatan dan Sulawesi, dengan jumlah mobil lebih dari 12.000 unit. Ini terdiri atas beberapa tipe, yakni luxury car, passenger car, dan commercial car. 

Di Indonesia sendiri jasa sewa mobil terus berkembang. Ini seiring dengan mulai tumbuhnya aktivitas masyarakat setelah terjadi pembatasan akibat pandemi Covid-19.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT