Pameran otomotif GIIAS 2022 akan dibuka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (11/8/2022), di ICE BSD City, Tangerang, Banten. (Foto: GIIAS 2022)
Dani M Dahwilani

JAKARTA, iNews.id - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 akan dibuka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (11/8/2022), di Indonesia Convention Centre (ICE), BSD City, Tangerang, Banten. Ini diungkapkan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

Dia mengatakan, banyak hal yang akan dipamerkan di GIIAS 2022. Di antaranya elektrifikasi kendaraan yang saat ini tengah menjadi fokus pemerintah.

"Pemerintah memiliki pemikiran serta kekhawatiran yang sama mengenai keberlanjutan perubahan tenaga, dalam hal ini bahan bakar. Maka itu, penting untuk mengarahkan industri otomotif lebih fokus dalam memanfaatkan sumber tenaga baru dan terbarukan yang bisa digunakan untuk semua," ujarnya, dalam keterangan pers, Rabu (10/8/2022). 

Dia menuturkan terkait dengan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Gaikindo mendukung komitmen pemerintah. "GIIAS 2022 akan memberikan edukasi dan membangun dukungan masyarakat, yang menjadi salah satu faktor pendorong penting pada aspek pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," kata Yohannes.

Ketua Penyelenggara GIIAS 2022, Rizwan Alamsjah mengungkapkan GIIAS 2022 akan menghadirkan teknologi dan produk terbaru dari 25 merek kendaraan penumpang dan komersial. Mereka adalah Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

"Sudah jadi tradisi tahunan dalam penyelenggaraan GIIAS, semua brand otomotif melakukan peluncuran produk terbarunya. Terdapat lebih dari 30 mobil baru yang akan meluncur di GIIAS tahun ini. Termasuk peluncuran kendaraan berbasis listrik. Para peserta juga akan mengusung teknologi terbaru," ujarnya.

Di samping itu, lebih dari 100 merek industri pendukung akan meramaikan GIIAS 2022, dari industri karoseri ada Adiputro, Laksana, Tentrem. Kemudian kendaraan roda dua Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Exotic Bike, Gelis, Keeway, Minerva, Pacific Bike, Royal Enfield, Segway, Selis, SM Motor, SYM, Wmoto.

Tercatat  ada 11 merek kendaraan roda empat menyatakan akan berpartisipasi di program Indoor EV Test Track, yaitu DFSK, Fuso, Hyundai, KIA, Lexus, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Toyota, dan Wuling. Kemudian empat merek kendaraan roda dua, yaitu Alva, Pacific E-Series, Segway, dan Selis. 


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT