Banyak pesanaan kendaraan konsumen yang belum terpenuhi karena pasokan komponen chip semikonduktor terganggu imbas dari pandemi Covid-19. (Foto: Dok/iNews.id)
Dani M Dahwilani

JAKARTA, iNews.id - Krisis chip semikonduktor membuat sejumlah pabrikan mengalami gangguan produksi kendaraan hingga 1 sampai 2 bulan. Salah satunya Honda.

Banyak pesanaan konsumen yang belum terpenuhi karena pasokan komponen chip semikonduktor terganggu imbas dari pandemi Covid-19. Salah satu model kendaraan Honda yang terimbas adalah Brio. 

"September kami mengalami penurunan pengiriman karena limitasi part. Tapi, kami berusaha me-recovery, di harapkan bisa kembali normal secapat-cepatnya," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy dalam video conference, Kamis (7/10/2021).

Dia mengungkapkan krisis ini terjadi secara global. Salah satunya pemasok chip yang pabriknya berada di kawasan Asia Taneggara.

"Saya tida bisa sebutkan pabrik dari mana. Namun, krisis Chip memengaruhi produksi kendaraan," katanya.

Yusak Billy mencatat konsumen yang memesan Honda Brio sebanyak 5.000 unit pada September 2021. Namun, yang terpenuhi baru sekitar 1.000 unit. 

"Jadi sebagian konsumen harus inden. Semoga bisa kami penuhi 1 sampai 2 bulan ke depan," katanya.



Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT