Johann Zarco (kiri), Fabio Quartararo (tengah), dan Jorge Martin naik podium pada MotoGP Doha 2021. (Foto: Twitter @motogp)
Rivan Nasri Rachman

LOSAIL, iNews.id - MotoGP Doha 2021 tuntas digelar di Sirkuit Losail, Qatar, Senin (5/4/2021) dini hari WIB, dan menghasilkan rider Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo sebagai juara.

Pembalap Prancis itu meraihnya dengan sangat luar biasa. Mengawali lomba dari posisi kelima dan sempat dilewati oleh beberapa pembalap, Quartararo sukses memperbaiki posisinya dari lap ke lap.

Sampai akhirnya ketika lap menyisakan sembilan lap lagi, dia tampil menggeber motornya dan berhasil finis pertama.

Bukan hanya perjuangan Quartararo saja yang menghiasi kisah balapan di Sirkuit Losail tersebut. Ada fakta lain yang terjadi di sepanjang balapan MotoGP Doha 2021. Apa saja? Berikut lima fakta MotoGP Doha 2021:

5. Rider Rookie, Jorge Martin Tampil Luar Biasa

Jorge Martin memulai MotoGP Doha 2021 dari baris terdepan usai menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi, Minggu (4/4/2021) dini hari WIB. (Foto: Twitter @motogp)

Kejutan telah terjadi di MotoGP Doha 2021. Rider rookie dari Pramac Ducati Jorge Martin berhasil merebut pole position pada sesi kualifikasi. Dia yang memgawali balapan dari posisi terdepan pun kembali memperlihatkan performa yang menakjubkan karena cukup lama memimpin jalannya balapan.

Sayang pada akhirnya Martin gagal mempertahankan keunggulannya itu. Namun setidaknya rider yang baru direkrut oleh Pramac itu mampu naik podium karena finis di urutan ketiga.

4. Pertama sejak 67 Tahun Ada Dua Rider Prancis yang Berdiri Bersama di Podioum

Johann Zarco (kiri), Fabio Quartararo (tengah), dan Jorge Martin naik podium pada MotoGP Doha 2021. (Foto: Twitter @motogp)

Podium MotoGP Doha 2021 dikuasai oleh Quartararo, Johann Zarco (Pramac Ducati), dan Martin. Keberhasilan Quartararo dan Zarco yang sama-sama berdiri di atas podium telah mencetak sejarah baru di ajang balapan tersebut.

Zarco dan Quartararo menjadi pembalap asal Prancis pertama yang bersama-sama naik podium. Terakhir kali momen itu terjadi pada 67 tahun yang lalu.

3. Zarco Pimpin Klasemen Sementara

Pembalap Tim Pramac Ducati, Johann Zarco. (Foto: Twitter @pramacracing)

Keberhasilan Zarco finis sebagai runner-up di MotoGP Doha dan seri Qatar pada pekan lalu membuatnya kini berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2021. Zarco tepatnya berhasil mengoleksi 40 poin.

Tentu catatan tersebut cukup baik dan bisa menjadi modal bagi Zarco untuk menatap gelar juara MotoGP 2021. Namun, sebenarnya jarak Zarco dengan rider lainnya masih belum terlalu jauh. Zarco saja hanya unggul empat poin dari dua pembalap Yamaha, Quartararo dan Maverick Vinales yang menempati posisi kedua dan ketiga.

2. Yamaha Kembali Berjaya di MotoGP Doha 2021

Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menjuarai MotoGP Doha 2021 di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, Senin (5/4/2021) dini hari WIB. (Foto: motorsport)

Pada balapan pembuka MotoGP 2021, Maverick Vinales tampil sebagai pemenang di seri Qatar. Dia mampu memperlihatkan kehebatan motor YZR-M1 milik Yamaha itu di sirkuit yang merupakan andalan Ducati.

Pada seri kedua, yakni MotoGP Doha 2021, lagi-lagi Yamaha paling bersinar di Sirkuit Losail. Kali ini giliran Quartararo yang memperlihatkan ketangguhan kuda besi Yamaha tersebut. Hal itu jelas membuktikan bahwa Yamaha kini berjaya di Losail.

1. Valentino Rossi Kecewa Lagi

Pembalap Petronas SRT Yamaha, Valentino Rossi kembali mengecewakan pada MotoGP Doha, Senin (5/4/2021) dini hari WIB. (Foto: Instagram @valeyellow46)

Valentino Rossi lagi-lagi tampil kecewa di Sirkuit Losail. Jika pada seri Qatar Rossi finis di urutan ke-12, maka kini rekan setim Franco Morbidelli itu hanya bisa mengakhiri race di posisi ke-16.

Hal itu berarti pada balapan kedua MotoGP 2021 tersebut Rossi tak membawa pulang poin sama sekali. Semua itu tentunya tak terlepas dari hasil buruk yang didapatkan Rossi di sepanjang sesi latihan bebas dan kualifikasi.

Sebab mengawali balapan dari posisi dua terakhir, alias urutan ke-21 membuat Rossi pada akhirnya kesulitan mengejar para kelompok terdepan. Meski begitu, setidaknya Rossi mampu melewati sejumlah rider untuk bisa finis di posisi ke-16.

Infografis

Editor : Abdul Haris

BERITA TERKAIT