Bendera Indonesia di SEA Games 2021 ditampilkan salah oleh stasiun TV CNA Singapura dan laman resmi penyelenggara yang diurus tuan rumah Vietnam. (Foto: Twitter/@Nuicemedia; Seagames2021.com)
Fitradian Dhimas Kurniawan, Dimas Wahyu Indrajaya

JAKARTA, iNews.id - Sebuah blunder fatal terjadi dalam penyampaian informasi SEA Games 2021. Indonesia ditampilkan dengan bendera Thailand dan Brunei oleh stasiun TV Singapura dan laman resmi SEA Games 2021 yang diurus tuan rumah Vietnam.

Mengutip Mothership.sg, blunder fatal dilakukan sebuah stasiun TV asal Singapura, CNA. Pada Kamis (12/5/2022) pukul 07.50 WIB, mereka menampilkan informasi tabel perolehan medali kontestan SEA Games 2022 dalam segmen Asia First.

Tepuk jidat! Bendera dan nama-nama negara kontestan banyak yang tertukar. Indonesia yang saat itu duduk di posisi tiga disandingkan dengan bendera Thailand.

Blunder informasi yang fatal itu pun menjadi sorotan netizen Asia Tenggara. Mereka menyayangkan adanya kesalahan dalam menyampaikan informasi event olahraga terbesar se-ASEAN ini.

Mengetahui kesalahan yang mereka buat, CNA akhirnya meminta maaf. Mereka mengaku tidak sengaja memosting informasi yang memicu huru-hara di dunia maya.

"Kami sangat menyesal hal ini terjadi. Hal ini tidak memenuhi standar profesional yang diharapkan dari kami dan mohon maaf sebesar-besarnya kepada penonton kami," terang CNA yang memberikan klarifikasi lewat postingan akun Facebook-nya.

Sebelum ini, kejadian yang serupa juga terjadi. Parahnya, kesalahan penyampaian informasi dilakukan tuan rumah Vietnam lewat laman akun resmi SEA Games 2021.

Pada Selasa (10/5) lalu, laman seagames2021.com ini menjadi sorotan. Pasalnya banyak nama negara tak sesuai dengan benderanya di tabel informasi perolehan medali kontestan. Termasuk Indonesia, yang namanya seharusnya di samping bendera merah purih tetapi malah disandingkan dengan bendera Brunei Darussalam.

Namun menurut pantauan iNews.id pada Kamis (12/5), laman itu sudah memberikan informasi dengan benar. Adapun sampai pukul 23.00 WIB, Indonesia masih duduk di posisi tiga dengan perolehan 3 medali emas dan 4 perak.


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT