Daftar pemain pelatnas voli putra putri di SEA Games 2022 sudah dirilis.(Foto: Instagram/yollayuliana1515)
rio eristiawan, maulana yusuf

JAKARTA, iNews.id – Daftar pemain pelatnas voli putra putri di SEA Games 2022 sudah dirilis. Siapa saja mereka?

Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) sudah siapkan nama-nama atlet untuk beraksi di SEA Games 2022. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengikutsertakan tim voli putri pada ajang dua tahunan tersebut.

Sebelumnya, Menpora Amali hanya mengirimkan bola voli putra indoor dan voli pantai putra dan putri. Sedangkan voli indoor putri tidak disertakan pada SEA Games 2021. Namun begitu, Menpora Amali akhirnya merivisi keputusan dengan mengirimkan utusan tim voli indoor putri.

Keputusan itu tentunya membuat ketua umum PP PBVSI, Imam Sudjarwo mengaku senang. Imam menilai dengan adanya pembaharuan ini menandakan bahwa pemerintah Indonesia peduli terhadap atlet bola voli.

"Saya menyambut gembira. Adanya pemberangkatan ini menunjukkan pemerintah sungguh-sungguh mengembangkan olahraga bola voli," ungkap Imam, dilansir dari rilis resmi PBVSI.

Dengan disertakannya atlet voli indoor putri ini, Imam akan melakukan berbagai persiapan yang baik. Hal itu dilakukan agar semua atlet yang bermain nanti dapat memberikan prestasi yang gemilang.

"Sehingga tugas kami mempersiapkan tim dengan baik dan menargetkan meraih medali emas baik putra maupun putri," tutup Imam.

Sementara itu, ke-12 atlet bola voli putri yang dipanggil adalah:
1. Amalia Fajrina
2. Arsela Nuari Purnama
3. Megawati Hangesti Pertiwi
4. Nandita Ayu Salsabila
5. Ratri Wulandari
6. Shella Bernadetha Onnan
7. Tisya Amalya Putri
8. Wilda Siti Nurfadillah Sugandi
9. Yolana Betha Pangestika
10. Yolla Yuliana
11. Ditta Azizah
12. Shintia Alliva Maulidina

Daftar pelatih
Risco Herlambang - pelatih
Alim Suseno - asisten
Pedro Lilipali - asisten
Rastoni - asisten

Sementara di kategori putra, PVBSI menunjuk Jeff Jiang sebagai pelatih timnas putra voli Indonesia untuk berlaga di SEA Games 2022. Hal itu disampaikan oleh Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBVSI Heyzer Harsono.

Jiang ditunjuk menjadi pelatih timnas voli putra Indonesia setelah membawa Bogor LavAni menjadi juara Proliga 2022. Tim asal Bogor itu berhasil mengalahkan juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator dengan skor 3-2.

Heyzer mengatakan Jiang menjadi pelatih timnas putra voli Indonesia mulai 1 April 2022. Pelatih asal China itu akan menjabat sebagai pelatih selama enam bulan kedepan.

“Dia akan resmi melatih mulai 1 April 2022, dia dikontrak selama enam bulan, hingga September,” kata Heyzer dalam rilis yang diterima MNC Portal Indonesia.

Lebih lanjut, Heyzer menjelaskan Jiang tidak hanya melatih timnya di ajang SEA Games. Namun ia juga akan menjadi pelatih di Asian Games.

"Jika berangkat ke Asian Games, dia yang akan melatih,” ucapnya.

Heyzer mengatakan Jiang juga ikut menentukan pemilihan susunan pemain. Sebelumnya ada 24 nama pemain yang dipilih untuk tampil di SEA Games, tetapi hanya 14 pemain untuk diberangkatkan.

Sementara, Jiang tidak asing dengan voli Indonesia karena pada 2005 dan 2006 lalu sempat menjadi pelatih Bandung Artdeo Bank Jabar dan Jakarta Bank DKI. Namun di 2022, ia berhasil membawa Bogor Lavani juara.

Daftar nama atlet dan ofisial Pelatnas SEA Games:
1. Dio Zulfikri (DKI Jakarta)
2. M Malizi (Jawa Barat)
3. Dimas Saputra (Jawa Barat)
4. Farhan Halim (Jawa Barat)
5. Irpan (Jawa Barat)
6. Mauluddani Daffa Naufal (Jawa Barat)
7. Doni Haryono (Jawa Tengah)
8. Fahri S Putratama (DI Yogyakarta)
9. Fahreza R Abhinaya (Jawa Timur)
10. Rivan Nulmulki (Jawa Timur)
11. Hernanda Zulfi (Jawa Timur)
12. Yudha M. Putra (Jawa Timur)
13. Nizar Julfikar (Jawa Timur)
14. Rendy F Tamamilang (Jawa Timur)

Pelatih
1. Jiang Jie (China) - Pelatih
2. Sigit Ari Widodo (Jawa Timur) - Asisten Pelatih
3. Indra Wahyudi (DKI Jakarta) - Asisten Pelatih
4. Roy Nanlohy (Jawa Barat) - Trainer
5. Robby Sudrajat (Jawa Barat) - Pelatih Fisik


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT