Piala Thomas disambut Anthony Ginting dan Jonatan Christie di Pelatnas Cipayung, Jakarta, Jumat (5/11/2021). (Foto: Twitter/@INABadminton)
Admiraldy Eka Saputra

JAKARTA, iNews.id - Trofi Piala Thomas akhirnya tiba di Indonesia pada Jumat (5/11/2021) sore WIB. Momen penting tersebut dibagikan lewat video singkat di akun media sosial PBSI.

Setelah melewati perjalanan panjang dari Aarhus, Denmark, trofi Piala Thomas akhirnya sampai di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur. Dua pebulu tangkis andalan Indonesia yang ikut berjuang di ajang tersebut, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie langsung menyambut trofi di depan gedung utama pelatnas.

"Welcome to where you belong... It's coming home," tulis PBSI di keterangan video tersebut.

Selain Ginting dan Jonatan turut hadir sejumlah staf kepelatihan serta beberapa atlet yang ikut menyambut kedatangan trofi Piala Thomas di Pelatnas PBSI. Meski tidak dilangsungkan dengan prosesi yang meriah, suasana hikmat amat terlihat pada unggahan video tersebut.

Bagaimana tidak, penantian panjang harus dilalui untuk menunggu kembalinya Trofi Piala Thomas ke Indonesia. Selama 19 tahun lamanya, trofi tertinggi turnamen beregu putra itu akhirnya kembali ke Tanah Air.

Seperti diketahui, terakhir Tim Garuda meraih Piala Thomas yakni pada 2002 lalu. Saat itu, mereka mengalahkan sang musuh buyutan, Malaysia, di Guangzhou, China.

Kali ini, Jonatan Christie dan rekan-rekan berhasil mewujudkan impian seluruh rakyat Indonesia untuk membawa pulang Trofi Piala Thomas. Gelar juara berhasil disabet tim bulu tangkis putra Indonesia usai mengalahkan China di partai final.

Pada pertandingan final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark itu Indonesia langsung tancap gas dengan meraih dua kemenangan dari sektor tunggal putra dan ganda putra. Anthony Ginting membungkam Li Guang 18-21, 21-14 dan 21-16. Lalu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menumbangkan He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan skor 21-12 dan 21-19.

Kemenangan Indonesia dipastikan pada partai ketiga yang memainkan tunggal putra kedua. Jonatan Christie menyudahi perlawanan sengit  Li Shi Feng dalam laga yang berlangsung tiga game dengan skor 21-14, 18-21 dan 21-14.

Kemenangan di Denmark membuat Indonesia masih menjadi peraih trofi Piala Thomas terbanyak. Sejak berpartisipasi pada 1958, tim merah putih kini telah mengoleksi 14 kali gelar Piala Thomas.


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT