Fabio Quartararo (Foto: Yamaha Motogp)
Fitradian Dhimas Kurniawan

LE MANS, iNews.id- Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo merebut pole position pada babak kualifikasi MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Sabtu (15/5/2021). Dia mencatatkan waktu 1'32.600 detik.

Babak kualifikasi 1 dimulai dalam keadaan basah. Hal itu dikarenakan sebelumnya lintasan sempat diguyur hujan. Namun, lintasan mulai mengering di akhir sesi, dan waktu semakin cepat.

Keadaan itu dimaksimalkan dengan baik oleh pembalap tim Aprilia Gresini, Lorenzo Savadori. Dia pun sukses menjadi yang tercepat di kualifikasi 1, dengan waktu 1 menit 42,550 detik dan berhak melaju ke babak kualifikasi 2.

Savadori tidak sendirian. Dia akan ditemani oleh rider tim Sky VR46, Luca Marini yang menempati posisi kedua. Marini mampu mencatatkan waktu 1 menit 43,352 detik. Sementara duo Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins tersingkir usai mengakhiri sesi di posisi keempat dan lima.

Dengan kondisi lintasan sudah mongering, beberapa pembalap mencoba peruntungan dengan menggunakan ban kering. Antara lain duet Petronas SRT Yamaha, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli.

Hal itu membuat semua rider langsung bereaksi. Mereka yang awalnya menggunakan ban basah, langsung masuk pit dan menggantinya dengan bak kering.

Salah satu yang diuntungkan dengan kejadian itu adalah Quartararo. Dia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 32,600 detik. Dia mengungguli rekan satu timnya, Maverick Vinales.

Posisi tiga besar kemudian dilengkapi oleh rider Ducati Corse, Jack Miller. Dia hanya bisa membukukan waktu 1 menit 32,704 detik, di depan Morbidelli dan Johan Zarco.

Sementara Marc Marquez harus puas start dari posisi enam. Sementara Valentino Rossi start nomor 9. MotoGP Prancis akan berlangsung di Sirkuit Le Mans Minggu (16/5/2021).

Berikut hasil lengkap Kualifikasi MotoGP Prancis 2021:

Infografis


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT