Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas (Foto: F1)

Mercedes Pamer Teknologi Baru, Bottas: Kami Sudah Kembangkan Sejak Tahun Lalu

Fitradian Dhimas Kurniawan

BARCELONA, iNews.id - Tim Mercedes Formula One (F1) memiliki teknologi baru jelang kompetisi musim 2020. Mereka memperkenalkan Dual Axis Steering (DAS) saat menjalani uji coba pramusim di Sirkuit Barcelona, Kamis (20/2/2020) lalu.

Inovasi tersebut memungkinkan setir mobil bisa ditarik dan ditekan sedikit demi membuat roda depan stabil terutama di lintasan lurus. Mudahnya, DAS dapat mengembalikan posisi roda tanpa harus membelokkan setir.

Teknlogi ini ternyata sudah dikembangkan sejak tahun lalu. Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas yakin DAS bakal membuat mobilnya semakin kompetitif.

“Kami memang baru menggunakannya pada hari kedua uji coba. Namun saya sudah mengetahui teknologinya sejak lama, jadi sistem itu tidak dibuat dalam waktu singkat. Saya pertama mendengarnya sekitar satu tahun yang lalu,” kata Bottas dikutip Crash.

“Sangat menyenangkan bisa berada dalam tim yang mampu membuat sistem semacam itu. Hal tersebut menunjukkan kami memiliki individu yang cerdas. Tidak mudah untuk membuat dan memastikannya bekerja,” ujarnya.

Saat ini Bottas masih beradaptasi dengan teknologi DAS. Dia punya waktu setidaknya dua pekan sebelum seri pertama F1 digelar di Sirkuit Albert Park, Australia, 15 Maret 2020 mendatang.

“Kami masih mempelajari dan mengembangkan potensinya. Saya rasa sistem itu sangat berguna di situasi tertentu. Sejauh ini sudah bekerja dengan baik. Namun, dampaknya akan terlihat pada musim ini ketika di lintasan lain dalam situasi berbeda,” ucap Bottas.


Editor : Bagusthira Evan Pratama

BERITA TERKAIT