Pebiliar asal Jambi Rizky dan Bobby (Bandung) juara Turnamen Biliar Open Handicap 2021 di Bandung. Ajang tersebut berlangsung 1-13 Juni. (Foto: MNC Media)
MNC Media

BANDUNG, iNews.id - Pebiliar asal Jambi Rizky dan Bobby (Bandung) juara Turnamen Biliar Open Handicap 2021 di Bandung. Ajang tersebut berlangsung 1-13 Juni. 

Rizky keluar sebagai juara di nomor 9 ball. Di babak final, dia (handicap 7) mengalahkan Hanafi (handicap 5) asal Jakarta dengan skor 7-6.

Sedangkan di nomor 10 ball, atlet tuan rumah Bobby (handicap 5) menjadi  juara setelah mengalahkan Ismail Kadir (handicap 8) dari klub JRX dgn skor 8-7. Turnamen ini berlangsung di Pit Pool Bandung dan menerapkan sistem handicap dan memperebutkan hadiah total Rp408 juta. 

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Jawa Barat, Rudi YB Kadarisman mengatakan, turnamen itu dirancang untuk 2 nomor pertandingan, bola 9 dan bola 10, putri dan Putra, menggunakan sistem handicap. Handicap rata-rata untuk atlet nasional 7, 8, bagi atlet putri handicap 4 dan atlet junior di handicap 5 sampai 6.

“Yang menarik adalah rata-rata justru yang juara tidak disangka, untuk bola 9 juara 1 nya memang ada pemain nasional namanya Rizky, lawannya adalah Hanafi, di final Rizky juara 1 Hanafi juara 2. Begitu juga di bola 10, yang juara adalah justru dari kabupaten Bandung yaitu Bobby dan juara dua adalah Ismail pemain nasional," kata Rudi.

Ketua Panitia Pelaksana Turnamen, Fahmi Atala mengatakan, sistem handicap ini memang tidak pernah bisa baku, karena pihak PB POBSI secara nasional tidak pernah mengeluarkan peringkat handicap pebiliar Indonesia, sehingga sulit untuk menentukan handicap pebiliar.

Hal ini menyulitkan panitia kejuaraan, karena selalu ada kontroversi ketika seorang pebiliar ditentukan handicapnya. Dia mengharapkan PB POBSI mengeluarkan peringkat handicap atlet secara nasional.

“Memang selama ini PB POBSI tidak pernah mengeluarkan handicap itu termasuk ranking pebiliar nasional di Indonesia. Akibatnya seperti Kejuaraan Bandung Open  ini, untuk nomor 9 dan 10 -ball yang menggunakan sistim handicap maka kami membuat perhitungan, pertimbangan dan penentuan sendiri," tutur Fahmi.

Menurut Fahmi sistem handicap ini terbilang khas Indonesia, sementara di banyak negara lain tidak ada handicap. Pertandingan selalu dilakukan open dan berhadiah besar, serta rutin sehingga banyak bermunculan pebiliar baru.

Harapan akan ada lebih banyak dan lebih rutin turnamen di Indonesia juga disampaikan Rizky dan Bobby.

"Saya sangat bahagia karena udah lama gak menjuarai open, harapan ke depannya semoga ada setiap bulannya open-open besar seperti ini di Bandung" kata Rizky.

"Tentang pertandingan kemarin buat saya lebih semangat lagi untuk bermain biliar. Mudah-mudahan ke depannya saya berharap pertandingan di Bandung akan terus diadakan." ujar Bobby.

Berikut adalah hasil lengkap babak 8 besar :

Bola 9
1 Rizky (Jambi)
2 Hanafi (Jakarta)

Semifinalis :
o Arun (RK 87)
o Albert (Carabao)

8 besar :
o Edward (DKI Jakarta)
o Andri Johan (Lampung)
o Fahmi (Jawa Barat)
o Hamka (Papua)

    Bola 10
1 Bobby (Pit Pool Bandung)
2 Ismail Kadir (JRX) 
        Semifinalis :
• Gazza (Jakarta)
• Ferry S (Kalimantan Barat)
        8 besar :
• Samuel (Bandung)
• Jeffry Zen (Sumatera Utara)
• Annita (Jawa Barat)
• Irwanto (Sulawesi Tenggara)



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT