Sejarah Olimpiade berasal dari Yunani. Ajang tersebut awalnya merupakan festival untuk menghormati Dewa Zeus yang dilaksanakan di Olympia.(Foto: Toughtco)
Reynaldi Hermawan

TOKYO, iNews.id - Sejarah Olimpiade berasal dari Yunani. Ajang tersebut awalnya merupakan festival untuk menghormati Dewa Zeus yang dilaksanakan di Olympia.

Dikutip dari laman resmi IOC, Senin (19/7/2021), Olimpiade Kuno pertama digelar sekitar tahun 776 SM. Festival itu berlangsung setiap empat tahun sekali dan diikuti beberapa negara kota serta kerajaan Yunani kuno.

Dalam festival itu, dipertandingkan berbagai jenis olahraga meliputi atletik, gulat, dan tinju. Berbagai jenis olahraga itu yang menjadi cikal bakal Olimpiade modern.

Jepang terapkan keadaan darurat jelang Olimpiade Tokyo karena Covid-19 meningkat. (Foto: Ist)

Kata Olimpiade sendiri berasal dari Olympia yang merupakan tempat penyelenggaraan festival tersebut. Olimpiade era modern pertama kali dilaksanakan, 6 April 1896 di Athena, Yunani.

Kala itu Olimpiade dibuka Raja George I dan diikuti 280 atlet yang berasal dari 13 negara. Uniknya seluruh peserta pada ajang tersebut adalah laki-laki.

Cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 43 seperti atletik, renang, senam, sepeda, gulat, anggar, menembak, hingga tenis. Atlet perempuan baru ambil bagian pada Olimpiade Paris 1990.

Untuk tahun 2020, Tokyo ditunjuk menjadi tuan rumah Olimpiade. Namun acara tersebut harus diundur selama setahun akibat pandemi Covid-19.

Olimpiade 2020 Tokyo (foto: dailymail)

Ini merupakan kali pertama sepanjang sejarah Olimpiade mengalami penundaan. Sebelumnya multiajang tersebut hanya pernah dibatalkan karena Perang Dunia.

Olimpiade tahun 1916 seharsunya digelar di Berlin, namun dibatalkan karena Perang Dunia I. Sedangkan Olimpiade 1940 dan 1944 juga dibatalkan karena Perang Dunia II.


 


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT