Bintang PSG, Lionel Messi dikepung pemain Nice dalam laga Piala Prancis 2021/2022 di Stadion Parc des Princes, Paris, Selasa (1/2/2022). (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)
Quadiliba Al-Farabi

PARIS, iNews.id - Paris Saint-Germain (PSG) tersingkir dari babak 16 besar Piala Prancis 2021/2022 usai ditumbangkan Nice lewat drama adu penalti pada Selasa (1/2/2022) pagi WIB. Dalam laga ini bintang PSG, Lionel Messi mengenakan nomor 10.

Bermain di Parc des Princes, PSG menurunkan Lionel Messi sejak menit pertama. Menariknya, Messi memakai nomor punggung keramat dalam sepak bola yakni 10. Nomor itu biasa dikenakannya di Barcelona dan Timnas Argentina.

Sebenarnya Messi memakai nomor 30 di PSG. Namun, karena pemilik nomor 10, Neymar sedang cedera dan aturan Piala Prancis mengharuskan pemain starter memakai nomor 1 sampai 11 maka Messi bisa menggunakannya. 

Pada awal-awal babak pertama PSG yang diperkuat Messi mencoba menguasai jalannya pertandingan lebih dulu. Namun Nice mampu mengandaskan serangan demi serangan dari semua sisi.

Nice pun berani tampil ngotot hingga mampu menembus jantung pertahanan PSG. Di antaranya percobaan tendangan voli Amine Gouiri cukup membuat pertahanan mereka ketar-ketir.

Peluang terbuka bagi PSG pertama kali diciptakan oleh Marco Verratti pada menit 22. Memanfaatkan umpan Ander Herrera tembakannya hanya melebar sedikit di sisi kiri gawang Nice.

Memasuki pertengahan laga, tensi permainan semakin tinggi. Nice yang beberapa kali berusaha keras menghalangi para pemain lawan tembus pertahanan justru harus melanggar hingga berujung kartu kuning.

Nice beberapa kali mengancam gawang Donnarumma terutama dari eksekusi tendangan mati. Beruntung para bek PSG berada di posisi siap dan mampu menghalau bola keluar.

Setelah 30 menit awal tampak terisolasi, Lionel Messi mulai menebar ancaman di atas menit ke-35. Mulai dari memberikan umpan, target man, hingga skill individu dia lakukan namun belum membuahkan hasil. Skor 0-0 pun bertahan.

Di awal babak kedua giliran Nice yang berinisiatif menyerang secara efektif. Hasilnya solo run dari Justin Kluivert berhasil menembus kotak penalti hingga melepaskan tendangan yang masih bisa ditangkap Donnarumma.

Di babak ini justru PSG yang kerap terlihat kocar-kacir ketika diserang. Berkali-kali mereka malah melanggar para pemain Nice yang melakukan agresifitas dalam membangun serangan.

Pertahanan Nice sangat kokoh dan kompak. Upaya Messi dkk mencetak gol baik dari permainan terbuka maupun eksekusi bola mati semuanya dapat dihalau.

Menjelang akhir laga, kedua tim saling jual beli serangan. Laga mendebarkan itu pun belum ditentukan pemenanganya selama 90 menit sehingga harus berlanjut ke drama adu penalti.

Hasilnya, Nice menang adu penalti 4-5. Adapun pemain PSG yang gagal menyarangkan bola adalah Leandro Paredes dan pemain muda Xavi Simons. Lewat hasil tersebut pun PSG selaku juara bertahan tersingkir dari Piala Prancis.

Adu Penalti:

Nice:

Morgan Schneiderlin (gol)

Jean-Clair Todibo (gol)

Yousef Attal (gol)

Andy Delort (tidak gol)

Amine Gouiri (gol)

Evan Guessand (gol)

Dante (gol)

PSG:

Lionel Messi (Gol)

Kylian Mbappe (gol)

Leandro Paredes (tidak gol)

Julian Draxler (gol)

Marco Verratti (gol)

Juan Bernat (gol)

Xavi Simons (tidak gol)

Susunan Pemain PSG vs Nice:

PSG XI (4-3-3): Donnarumma; Dagba, Kehrer, Kimpembe, Mendes; Danilo, Verratti, Herreira; Messi, Draxler, Icardi

Pelatih: Mauricio Pochettino

NICE XI (4-4-2): Bulka; Amavi, Dante, Todibo, Lolomba; Kluivert, Thuram, Schneiderlin, Boudaoui; Gouiri, Dolberg

Pelatih; Christophe Galtier


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT