Bek Liverpool, Kostas Tsimikas (21) merayakan juara Piala FA 2021/2022 seusai mengalahkan Chelsea lewat drama adu penalti di Stadion Wembley, London, Sabtu (15/5/2022). (Foto: REUTERS)
Fitradian Dhimas Kurniawan

LONDON, iNews.idLiverpool menjadi juara Piala FA 2021/2022, Minggu (15/5/2022) dini hari WIB. Mereka mengalahkan Chelsea pada babak adu penalti di Stadion Wembley dengan skor 6-5.

Duel antara Liverpool versus Chelsea berlangsung seru. Sayangnya, tak ada gol tercipta pada waktu normal.

Penentuan juara pun dilakukan lewat babak adu penalti. Liverpool menjadi juara karena ada dua pemain Chelsea gagal menuntaskan tugas.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Begitu pertandingan dimulai, Liverpool langsung menguasai bola sejak menit pertama. Sejumlah peluang mereka dapatkan, namun The Reds belum bisa menyelesaikannya dengan sempurna.

Seperti pada menit kesembilan, pasukan Jurgen Klopp nyaris unggul. Menerima umpan dari Trent Alexander-Arnold, Luis Diaz melepaskan tembakan. Namun, serangannya ditepis kiper Chelsea, Edouard Mendy.

Liverpool terus memberikan tekanan kepada Chelsea, peluang lalu datang pada menit ke-13. Sayang, sepakan dari kaki Diaz kembali dapat dihalau oleh lini belakang The Blues.

Tertekan, Chelsea kemudian berusaha menyerang balik. Pada menit ke-23, Christian Pulisic melepaskan tendangan. Hanya saja, sepakannya hanya bisa melebar ke sisi gawang.

Petaka bagi Liverpool kemudian datang pada menit ke-33. Mohamed Salah mengalami cedera dan tak bisa melanjutkan pertandingan. Dia pun digantikan oleh Diogo Jota.

Memasuki lima menit terakhir babak pertama, serangan Chelsea tampak lebih mengancam. Namun, upaya mereka gagal dimaksimalkan, sehingga 45 menit pertama berakhir tanpa gol, 0-0.

Babak Kedua

Begitu paruh kedua dimulai, Chelsea mampu lebih menguasai bola. Mereka melancarkan serangan ke Liverpool. Namun, peluang mereka belum diselesaikan dengan sempurna.

Seperti pada menit ke-47, Pulisic bergerak menusuk dan memberikan umpan kepada Romelu Lukaku. Walau demikian, sepakan Lukaku masih belum menemui sasaran.

Hal itu pun membuat Liverpool berusaha untuk bangkit. Pada menit ke-52, Diaz kembali mengancam dengan tembakan mendatarnya. Namun, upayanya masih melebar.

Liverpool kemudian dapat kembali menguasai bola. Mereka lalu nyaris unggul pada menit ke-60. Diogo Jota melepaskan tendangan, tetapi serangannya masih melebar.

Chelsea kemudian berganti menyerang pada menit ke-68. Menerima umpan dari Reece James, Pulisic berada di depan gawang Liverpool. Hanya saja, sekali,lagi sepakannya melebar.

Memasuki fase akhir waktu normal, Liverpool mencoba menekan. Pada menit ke-68, peluang didapat oleh Diaz. Sayang, sontekannya melebar. Tidak ada gol tercipta hingga waktu normal berakhir, dan laga berlanjut ke babak tambahan waktu.

Babak Tambahan Waktu

Persaingan sengit kemudian terjadi pada babak tambahan waktu. Namun, serangan yang dibangun kedua tim belum bisa dilancarkan dengan sempurna dan minim peluang tercipta.

Luis Diaz yang menjadi motor serangan Liverpool kemudian ditarik keluar pada menit ke-98. Dia digantikan oleh Roberto Firmino yang diharapkan dapat menggedor pertahanan Chelsea.

Hanya saja, pertahanan Chelsea yang begitu kokoh membuat mereka sulit ditembus. Keadaan tersebut pun membuat babak tambahan waktu pertama berakhir imbang.

Saat babak tambahan waktu kedua dimulai, Liverpool berupaya memberikan tekanan. Namun, sejumlah serangan yang mereka berikan dapat diatasi oleh bek Chelsea dengan baik.

Tempo pertandingan kemudian berjalan lebih lambat. Hal tersebut membuat bola tertahan di tengah lapangan dan tidak ada gol tercipta. Laga pun berlanjut ke babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Pada babak adu penalti, Chelsea menjadi penendang pertama. Marcos Alonso, Reece James, Ross Barkley dan Jorginho berhasil melaksanakan tugasnya. Namun, sepakan Cesar Azpilicueta gagal menuju sasaran.

Begitu juga dengan penendang Liverpool, James Milner, Thiago Alcantara, Roberto Firmino, dan Trent Alexander-Arnold berhasil melakukan tugasnya. Namun, sepakan Sadio Mane diamankan oleh Mendy.

Eksekusi Chelsea kemudian dilanjutkan oleh Hakim Ziyech. Sementara eksekutor Liverpool, Diogo Jota juga berhasil membuat gol. Tendangan Mason Mount lalu meleset, sedangkan Tsimikas sukses mencetak gol dan memastikan kemenangan untuk Liverpool.

SUSUNAN PEMAIN
CHELSEA 
Mendy, Chalobah (Azpilicueta 105), Silva, Rudiger, James, Kovacic (Kante 66), Jorginho, Alonso, Mount, Lukaku (Ziyech 85), Pulisic (Loftus-Cheek 105, Barkley 120).
Pelatih: Thomas Tuchel

LIVERPOOL
Alisson, Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson (Tsimikas 111), Henderson, Thiago, Keita (Milner 74), Diaz (Firmino 98), Salah (Jota 33), Mane.
Pelatih: Jurgen Klopp 


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT