Pakar sepak bola Asia Gabriel Tan menilai pemain Vietnam terjebak zona nyaman. Dia menyarankan sang pelatih Park Hang-seo untuk segera hengkang. (Foto: The Thao)
Arief Wahyu Pradana

KALLANG, iNews.id – Pakar sepak bola Asia Gabriel Tan menilai pemain Vietnam terjebak zona nyaman. Dia menyarankan sang pelatih Park Hang-seo untuk segera hengkang.

Vietnam tersingkir dari Piala AFF 2020 usai dilibas Thailand di semifinal. Skuad berjuluk The Golden Star Warrioris ini kalah agregat 0-2.

Gabriel Tan melihat kiprah Vietnam di Piala AFF 2020 sebenarnya tak terlalu mengecewakan. Pasukan Park Hang-seo cuma kalah sekali dari enam pertandingan.

"Pertama, harus diakui bahwa, selain kekecewaan yang sangat nyata karena tidak mampu mempertahankan gelar Piala AFF, kampanye Vietnam jauh dari bencana,” tuturnya, dikutip dari media Vietnam The Thao 247, Selasa (28/12/2021).

“Mereka hanya kalah 1 pertandingan di seluruh turnamen, yang merupakan leg pertama semifinal melawan Thailand, dengan kebobolan 2 gol dalam pertandingan itu menjadi satu-satunya kebobolan dua gol mereka di semua 6 pertandingan Piala AFF 2021,” tambahnya.

Gabriel Tan melihat bahwa ada satu penyebab kekalahan Timnas Vietnam di Piala AFF 2020. Hal itu adalah para pemain yang berada di zona nyaman.

“Dalam hal kualitas pemain, pemain seperti Nguyen Quang Hai, Nguyen Hoang Duc dan Nguyen Tien Linh hanya fokus pada turnamen domestik. Bintang-bintang ini tidak mencoba yang terbaik (pergi ke luar negeri untuk bersaing) dan memilih hidup terlalu nyaman seperti ikan besar di kolam kecil," imbuhnya.

Terakhir Gariel Tan menyarankan Park Hang-seo sudah seharusnya meninggalkan Vietnam. Sebab itu yang terbaik bagi kedua belah pihak.

"Jika Park dan Vietnam benar-benar sadahh mencapai semua bersama, sekarang adalah waktu terbaik bagi mereka untuk berpisah,” pungkasnya.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT