Mantan Presiden Josep Maria Bartomeu (kiri) bersama Presiden dan CEO Rakuten Hiroshi Mikitani (kanan). (foto: REUTERS/Albert Gea)
Ibnu Hariyanto

BARCELONA, iNews.id- Kasus dugaan rasisme yang dilakukan Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann ke pria Asia berbuntut panjang. Kini, salah satu sponsor utama Barcelona asal Jepang Rakuten murka dengan aksi Dembele dan Griezmann.

Hal itu disampaikan CEO dan pendiri Rakuten Hiroshi Mikitani sebagaimana dilaporkan Daily Mail, Rabu (7/7/2021). Mikitani tak terima dengan tindakan dua pemain asal Prancis itu.

“Sebagai sponsor klub dan penyelenggara turnamen ini, saya sangat menyesal para pemain Barcelona membuat pernyataan diskriminatif," kata Mikitani.

Dia berencana untuk berbicara dengan klub tentang kedua pemain tersebut. Rakuten telah menjadi sponsor utama klub sejak 2016 dan akan terus mensponsori kaus tersebut musim depan.

“Terutama karena Rakuten telah menyetujui filosofi Barcelona dan merupakan sponsor klub, pernyataan semacam ini tidak dapat diterima dalam segala situasi dan kami akan memprotes secara resmi terhadap klub, sementara kami menunggu untuk mendengar posisi mereka mengenai masalah ini," ujarnya.

Kasus dugaan rasisme Dembele dan Griezmann kepada pria Asia ini berawal dari video viral di media sosial. Dalam video itu Dembele wajah dan bahasa staf hotel yang sedang memperbaiki televisi di kamarnya. 

Video itu duga dibuat saat Blaugrana sedang ke Jepang dalam tur pramusin Barcelona pada 2019. Dembele terlihat berbincang dengan Griezmann dalam video itu.

"Semua wajah jelek ini, hanya agar Anda bisa bermain PES (Pro Evolution Soccer), apakah Anda tidak malu?" kata Dembele ke Griezmann.

"Bahasa macam apa itu? Apakah Anda berteknologi maju di negara Anda atau tidak?" ujarnya.

Griezmann yang berada di samping Dembele terlihat tidak berkata apa-apa. Dia hanya tertawa mendengar perkataan sahabtanya tersebut.

Namun tak berapa lama kemudian muncul pula video Griezmann meledek bahasa Jepang ketika sedang bersantai di kolam renang. Hal itu dilakukannya masih dalam momen tur pramusim Barcelona ke Asia pada 2019.

Dalam video itu Griezmann terlihat asal-asalan berbahasa Jepang dan mengucapkan kata 'Ching chong'.

Kedua pemain sudah memberikan klarifikasi soal tuduhan rasisme itu. Baik, Dembele dan Griezmann Intinya meminta maaf. Dembele juga menegaskan tidak bermaksud menyinggung pria Asia tersebut.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT