Gara-Gara WhatsApp Down, Telegram Dapat 70 Juta Pengguna Baru (Foto: Unsplash)
Dini Listiyani

SAN FRANCISCO, iNews.id - WhatsApp, Facebook, dan Instagram down beberapa hari lalu. Layanan keluarga Facebook yang down ini membuat berkah tersediri bagi aplikasi lain, seperti Telegram.

WhatsApp dkk memang down selama beberapa jam. Namun, beberapa jam bagi sejumlah orang terasa lama untuk tidak dapat mengirim atau menerima pesan dari individu atau bahkan rekan bisnis mereka. 

Namun, WhatsApp down terbukti membawa keuntungan bagi Telegram, saingan WhatsApp di perpesanan. Menurut sebuah postingan CEO Telegram Pavel Durov di channelnya, down WhatsApp mengakibatkan platform tersebut memperoleh 70 juta pengguna baru. 

“Tingkat pertumbuhan harian Telegram melebihi norma dengan urutan besarnya, dan kami menyambut lebih dari 70 juta pengungsi dari platform lain dalam satu hari. Saya bangga dengan bagaimana tim kami menangani pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena Telegram terus bekerja dengan sempurna untuk sebagian besar pengguna kami," kata Pavel. 

Ada kemungkinan beberapa pengguna baru mendaftar terlepas dari status online WhatsApp. Tapi tampaknya kebutuhan untuk tetap berhubungan mungkin memicu banyak pendaftaran baru juga.

Sayangnya, apakah pengguna baru ini akan terus menggunakan platform atau hanya mencari alternatif sementara masih belum jelas, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Rabu (6/10/2021).


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT