Yamaha bikin solusi untuk obati kerinduan di stadion sepak bola (foto: Remot Cheerer)

Yamaha Bikin Aplikasi untuk Obati Kerinduan Suasana di Stadion Sepak Bola

Riyandy Aristyo

TOKYO, iNews.id - Sorak-sorai penonton dalam stadion merupakan sensasi saat menonton pertandingan sepak bola. Untuk mengobati kerinduan itu, perusahaan teknologi musik, Yamaha, membuat aplikasi suara layaknya di dalam stadion bernama Remote Cheerer.

Dikutip dari Techspot, Sabtu (30/5/2020), aplikasi Remote Cheerer mampu membuat suara sorak-sorai secara virtual. Alhasil, atmosfer saat menonton pertandingan sepak bola dari rumah, layaknya nonton di stadion.

Upaya ini merupakan langkah baru Yamaha, di mana banyak orang tidak bisa menyaksikan pertandingan sepak bola karena pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

Menariknya, 'Remote Cheering' pada aplikasi itu bisa terhubung pada sebuah server yang mengirimkan suara ke pengguna aplikasi dari pengeras suara di dalam stadion.

Pihak penyelenggara pertandingan di stadion memiliki wewenang untuk mengatur besar kecilnya suara, serta memutar ulang suara itu ketika terjadi gol, guna menambah suasana hingar bingar di stadion.

Yamaha mengatakan, hasil uji terbaru menunjukkan sistem itu dapat menghasilkan suara setara dengan stadion berkapasitas 51 ribu kursi. Penonton juga bisa memilih tempat duduk secara virtual melalui aplikasi tersebut.

"Saya rasa sistem ini dapat menyemangati pemain di lapangan karena membuat mereka seolah dekat dengan penggemar dan pendukung," kata Kepala Strategi Bisnis Klub Jubilo Iwata Jepang, Hiromi Yanagihara.

Juru bicara Yahama, Kenji Arakawa menambahkan, tak hanya dalam pertandingan sepak bola, aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk event lain.

"Selain sepak bola, aplikasi ini mungkin bisa digunakan di konser musik, teater atau pertunjukan komedi. Terutama dalam pentas komedi, reaksi penonton akan sangat penting," ujar Arakawa.

 


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT