Helikopter Ingenuity NASA Terbang di Mars untuk Ketiga Kalinya (Foto: NASA)
Intan Rakhmayanti Dewi

CALIFORNIA, iNews.id - NASA kembali menerbangkan helikopter Ingenuity untuk ketiga kalinya. Kali ini, helikopter mungil ini terbang lebih tinggi dan cepat dibanding saat diuji di Bumi.

Pada Minggu pukul 1:31 AM ET helikopter itu naik 16 kaki dan terbang 164 kaki selama penerbangan ketiganya dengan kecepatan tertinggi yakni 6,6 kaki per detik. 

"Penerbangan hari ini adalah yang kami rencanakan, namun hasilnya sungguh menakjubkan,” kata Dave Lavery dari NASA dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Verge, Senin (26/4/2021). 

"Dengan penerbangan ini, kami menunjukkan kemampuan kritis yang akan memungkinkan penambahan dimensi udara untuk misi Mars di masa depan," sambungnya. 

Dalam misi keduanya beberapa hari lalu, Ingenuity melakukan penerbangan 51,9 detik dengan menempuh jarak tujuh kaki. Untuk penerbangan pertama Ingenuity pada 19 April, pesawat kecil itu terangkat hanya 10 kaki dari permukaan Mars selama 39 detik.

Ingenuity tiba di Mars pada 18 Februari dengan penjelajah induknya, Perseverance, yang misinya mencari tanda-tanda kehidupan dan mengambil sampel tanah Mars.  

Meskipun Ingenuity bukan fokus utama dari misi Perseverance, kemampuannya untuk terbang di atmosfer tipis Mars akan memberikan data yang berguna untuk eksplorasi Mars di masa mendatang.



Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT