Teleskop James Webb telah melewati tonggak penting dalam usahanya menggambarkan bintang-bintang pertama yang bersinar di alam semesta. (Foto: NASA)
Intan Rakhmayanti Dewi

JAKARTA, iNews.id - Teleskop James Webb (James Watt Space Telescope/JWST) telah terbuka secara sempurna setelah melalui serangkaian proses rumit. Pelindung matahari ini merupakan fitur penting dari teleskop James Webb untuk menjaga berbagai instrumen tetap dingin sehingga berfungsi dengan baik.

Teleskop raksasa tersebut telah menyelesaikan penyebaran perisai matahari raksasa berbentuk layang-layang di observatorium ruang angkasa. 

Hanya dengan penghalang seukuran lapangan tenis ini Webb akan memiliki kepekaan untuk mendeteksi sinyal yang datang dari objek terjauh di Alam Semesta. 

Dilansir dari BBC, Minggu (9/1/2022), kini para peneliti akan berkonsentrasi pada membongkar cermin teleskop yang lebarnya mencapai 6,5 meter. 

Penyebaran perisai matahari lima membran adalah pencapaian bagi tim teknik di badan antariksa AS (Nasa) dan produsen kedirgantaraan Amerika Northrop Grumman. 

Pasalnya, banyak yang meragukan desain yang mencakup begitu banyak motor, roda gigi, katrol dan kabel. 

Tetapi pengujian selama bertahun-tahun pada model skala penuh dan sub-skala membuahkan hasil karena pengontrol memisahkan lapisan pelindung yang berbeda dan kemudian mengencangkannya.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT