Berburu takjil di Jakarta (Foto: Instagram @)
Dimas Andhika Fikri

JAKARTA, iNews.id - Menyantap hidangan sehat dan lezat saat berbuka puasa menjadi pilihan tepat. Anda bisa memilih minuman segar, kurma, es sirup, dan lainnya. 

Momen ngabuburit dan berburu takjil menjadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia di Bulan Ramadan. Bahkan, hampir seluruh restoran maupun warung makan di ibu kota menawarkan beragam promo menarik.

Namun, dengan kondisi pandemi seperti saat ini, masyarakat diharapkan tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan guna menekan angka penyebaran virus Covid-19.

Nah, bagi Anda yang ingin berburu takjil dan olahan minuman segar, MNC Portal telah merangkum 5 rekomendasi tempatnya. Yuk intip langsung ulasannya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Jumat (16/5/2021).

1. Pasar Benhil

Pasar Benhil (Bendungan Hilir) memang sangat populer di kalangan pencinta kuliner Nusantara, apalagi ketika bulan Ramadan tiba. Menjelang buka puasa, sederet kuliner khas berbuka puasa tampak berlimpah dari atas meja-meja para pedagang. Menunya pun sangat beragam mulai dari es buah segar, es cendol, kolak, gorengan, dimsum, hingga beragam makanan berat seperti gudeg, pempek, dan masakan padang.

Mengingat wilayahnya yang cukup luas, baik lahan parkir maupun kawasan untuk berbelanja, Pasar Benhill bisa menjadi pilihan Anda untuk berburu takjil menjelang jam buka puasa. Harganya relatif terjangkau dimulai dari Rp2.000 – Rp20.000 saja.

2. Pasar Pagi Rawa Mangun

Pasar Pagi Rawa Mangun juga menjadi salah satu lokasi populer untuk mencari hidangan berbuka. Terdapat beragam jenis takjil yang bisa Anda temui di sini. Mulai dari gorengan, kue kering, es kelapa muda, sup buah, dan masih banyak lagi. Namun, yang menjadi incaran para pengunjung adalah es cendol durian dan lemang.

Dua kudapan ini memang begitu digemari masyarakat Jakarta karena cukup sulit ditemukan di hari-hari biasa. Dari segi harga, para pedagang mematok harga yang cukup terjangkau yakni, Rp2.000 - Rp15.000 saja. Nah, jika Anda tertarik untuk berkunjung beroperasi pada pukul 15.00 WIB hingga menjelang salat tarawih.

3. Jalan Panjang

Bagi Anda yang sedang berada di daerah Jakarta Barat, tidak ada salahnya mampir ke Jalan Panjang yang terletak di kawasan Kebon Jeruk. Di tempat ini terdapat sederet pedagang tajil yang menyuguhkan beragam menu berbuka puasa yang lezat dan menggugah selera.

Mulai dari biji salak, bubur sumsum, bubur kacang ijo, es pisang ijo, sup buah, dan berbagai macam kue seperti kue lapis, lumpia, pastel, dan risoles. Soal harga tidak perlu ditanyakan lagi. Sebagian besar menu takjil yang dijual dipatok dengan harga yang cukup terjangkau yakni, Rp2.000 – Rp25.000.

4. Jalan Gandaria

Bergeser sedikit ke area Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Gandaria, Anda juga bisa menemukan beragam pedagang takjil yang menjual camilan berbuka puasa. Seperti diketahui, kawasan ini sebetulnya dikenal dengan penjaja es kelapa muda, bahkan pada awalnya hanya ada satu dua pedagang saja yang menjual dagangannya di tempat tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, kini Jalan Gandaria telah dipenuhi oleh pedagang makanan, terutama saat bulan Ramadan tiba. Ada beragam jenis menu berbuka puasa yang ditawarkan seperti gorengan, kue panada, kue lapis, kolak biji salak, es buah, berbagai jenis makanan berat, dan masih banyak lagi.

5. Masjid Sunda Kelapa

Penjualan takjil di kawasan Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat memang tidak terlalu banyak pilihannya dibandingkan pusat perbelanjaan lainnya. Tapi jangan salah, varian makanan yang dijual cukup lengkap dan bervariatif. Mulai dari makanan tradisional seperti lontong, serabi kolak, roti Maryam, gorengan, aneka es dan jenang. Bagi yang belum sempat memasak, terdapat pula sejumlah lauk pauk.

Kawasan ini biasanya akan dipadati pengunjung sejak pukul 4 hingga menjelang maghrib. Bagi Anda yang datang menggunakan mobil sebaiknya datang lebih cepat mengingat lahan parkir yang terbatas. Untuk urusan harga, takjil yang ditawarkan terbilang terjangkau Rp2.000 - Rp15.000, dan Rp20.000 - Rp30.000 per porsi untuk makanan berat.


Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT