Tips membawa hewan peliharaan saat mudik lebaran (Foto:elements Envato)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Tips membawa hewan peliharaan saat mudik lebaran mungkin perlu diketahui. Sebagaimana diketahui bersama, perayaan Idul Fitri tinggal menghitung hari lagi.

Banyak yang tengah bersiap untuk menyambut lebaran, termasuk mempersiapkan perjalanan pulang kampung alias mudik. Selain menjadi momen bersilaturahmi, Lebaran memang identik dengan mudik.

Namun bagi yang mempunyai hewan peliharaan, pastinya ada banyak hal lagi yang harus dipersiapkan. Terlebih jika ingin membawa hewan kesayangannya ikut mudik.

Beberapa orang mungkin memilih untuk membawa anjing atau kucing kesayangannya mudik ketimbang meninggalkannya di penitipan hewan. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mudik bersama hewan peliharaan.

Dilansir iNews.id dari Pets, Kamis (29/4/2022), stres saat perjalanan jauh ternyata tidak hanya dirasakan oleh manusia. Kondisi tersebut juga rawan terjadi pada hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing.

Jika Anda mudik menggunakan mobil, berikut ini adalah 8 tips membawa hewan peliharaan saat mudik.

1. Lakukan Pembiasaan

Sebelum mudik, lakukan beberapa perjalanan pendek bersama hewan peliharaan. Hal itu agar mereka terbiasa mengendarai mobil dan tidak stres saat perjalanan jauh nantinya. Anda bisa melakukannya dengan berkeliling kompleks atau taman kota.

2. Siapkan Perlengkapan Perjalanan Hewan

Tips berikutnya, siapkan semua perlengkapan dan semua kebutuhan perjalanan untuk hewan peliharaan. Siapkan makanan, air, obat-obatan, dan kandang jika perlu. Anda juga harus menyertakan perlengkapan yang menunjang kebersihan seperti kantong sampah dan tempat makan hewan. Untuk membuat hewan peliharaan Anda senang dan sibuk selama perjalanan, bawa beberapa mainan kesukaannya. Terakhir, jangan lupa kotak P3K hewan peliharaan. 

3. Periksa Kondisi Kesehatan Hewan

Selanjutnya, pastikan juga kondisi kesehatan hewan peliharaan, jika perlu bawa catatan kesehatan dan bukti imunisasi terbaru. Jangan memaksa membawa anjing atau kucing Anda yang sedang sakit untuk mudik. 

4. Beri Makan sebelum Mudik

Beri makan hewan peliharaan Anda makanan ringan tiga hingga empat jam sebelum perjalanan mudik. Saat Anda berada di jalan, berhenti untuk memberi makan anjing atau kucing Anda. Jangan memberi mereka makan di dalam kendaraan yang bergerak. Ini dapat membantu menghindari penyakit yang bisa saja timbul.

5. Jaga Hewan Peliharaan Tetap Terkendali

Tidak aman bagi Anda dan keluarga jika hewan peliharaan Anda tidak terkendali saat di dalam mobil. Hal itu bisa mengganggu fokus mengemudi dan berbahaya dalam perjalanan.

Jika tidak membawa kandang, tempatkan hewan peliharaan di kursi belakang. Cara paling aman jika tidak membawa kandang adalah mengikatnya pada sesuatu. Anda juga dapat menggunakan sabuk pengaman hewan peliharaan.

6. Jangan Tinggalkan Hewan di Mobil

Jangan pernah meninggalkan anjing atau kucing Anda sendirian di dalam mobil yang diparkir di rest area. Terlebih jika mobil terkunci dan tidak ada saluran udara yang terbuka. Hal itu bisa membuat hewan kesayangan Anda kekurangan oksigen, kepanasan, dan yang paling fatal adalah mati di dalam mobil.

7. Jangan Biarkan Hewan Keluar Jendela

Tidak dapat disangkal bahwa beberapa anjing senang ketika mengeluarkan kepalanya di jendela ketika mobil melaju. Hal itu terkadang juga cukup lucu dan menggemaskan untuk dilihat. 

Namun, hal itu sangat berbahaya dan beresiko hewan peliharaan Anda tertabrak puing-puing yang lewat atau terlempar ke luar jendela. Jika Anda mengikuti tips nomor 5, masalah ini tidak akan terjadi.

8. Bawa Identitas Hewan

Tips berikutnya, pastikan hewan Anda memiliki kalung ID yang berisi informasi alamat rumah dan nomor ponsel Anda. Untuk perjalanan dan liburan mudik yang lebih lama, hal itu penting jika sewaktu-waktu anjing atau kucing Anda tersesat atau hilang.


Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT