Keindahan Curug Seribu (Foto: Instagram@ nii_banii)
Melati Pratiwi

JAKARTA, iNews.id - Curug Seribu merupakan salah satu destinasi wisata di Bogor yang bisa dikunjungi saat liburan. Berada di tempat wisata ini, wisatawan dapat menikmati suasana alam dengan panorama pepohonan hijau nan asri, dan mengelilingi air terjun.

Wisatawan yang singgah tidak hanya dapat menikmati pemandangan alam yang masih alami. Anda juga dapat melepaskan penat setelah lelah bekerja. Untuk lebih tahu mengenai serba-serbi Curug Seribu, berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (15/9/2021).

1. Lokasi dan Medan Perjalanan

Curug Seribu terletak di area Gunung Salak Endah, tepatnya di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi Curug Seribu berdekatkan dengan curug-curug lain. Sebut saja Curug Cigamera dan Curug Ngumpet.

Letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Bogor yakni hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit. Tapi medan yang harus dilalui untuk benar-benar sampai ke Curug Seribu ternyata tidak mudah.

Anda harus berjalan kaki dari parkiran menuju titik lokasi curug. Membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Selain harus menyiapkan tenaga, Anda juga perlu waspada dengan setiap area jalan yang licin maupun terjal. Jalan berbatu pun akan Anda temui ketika sudah semakin dekat.

Selama dalam perjalanan yang melelahkan tersebut, mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai nuansa hijau pepohonan, perkebunan, hingga hamparan sawah.

2. Keindahan Curug Seribu

Rasa lelah dan capek akan terbayar ketika Anda sudah sampai di Curug Seribu yang memanjakan mata. Bayangkan saja Anda akan berhadapan dengan pemandangan jernihnya air terjun yang sangat deras serta dikelilingi pepohonan.

Sejuknya udara berpadu sengan suara riuh air yang jatuh dari ketinggian sekitar 100 meter akan menghilangkan rasa capek Anda selama satu jam berjalan kaki. Bagian bawah Air terjun membentuk muara air berwarna biru kehijauan. Tapi sayangnya Anda tidak dianjurkan untuk berendam karena arusnya sangat deras. Dikhawatirkan bisa terbawa arus jika nekat mendekati area tersebut.

Namun ada bagian sungai yang memiliki kedalaman cukup dangkal. Jadi Anda tetap bisa bermain dan merasakan segarnya air dari Curug Seribu pada area sungai yang dangkal. Namun ingat harus tetap berhati-hati.

3. Fasilitas

Anda tidak perlu khawatir jika ingin buang air, karena di area dekat pintu masuk Curug Seribu terdapat MCK. Selain itu, bagi yang merasa lapar setelah puas bermain di curug, Anda bisa mengisi tenaga dengan mampir ke warung makan yang berada di dekat lokasi.


Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT