Kemegahan Masjid Tiban di Malang (Foto: Instagram@ardianhery18)
Novie Fauziah

JAKARTA, iNews.id - Pesona kemegahan Masjid Tiban di Malang memiliki daya tarik tersendiri. Tidak hanya terkenal karena arsitektur bangunannya yang megah, Masjid berwarna biru dan putih ini juga memiliki cerita menarik.

Masjid merupakan bangunan yang diperuntukkan bagi umat Islam dalam beribadah. Gaya arsitekturnya pun bermacam-macam, salah satunya Masjid Tiban yang memiliki keunikan sendiri.

Masjid Tiban berlokasi di Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Bihaaru Bahri' Asali Fadlaailir Rahman, Jalan KH Wahid Hasyim, Gang Anggur, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Masjid ini sangat unik, dan berbeda dari bangunan masjid pada umumnya. Dikutip dari akun Instagram @ayodolan, masjid ini jadi salah satu destinasi wisata religi yang ada di Malang paling populer.

"⁣Masjid ini merupakan salah satu destinasi religi di Kabupaten Malang. Ornamen warna biru dan putih mendominasi bangunan masjid, ditambah sentuhan kaligrafi menghias seluruh dinding," tulis akun tersebut.

Apabila diperhatikan, bangunan masjid ini tergabung dalam arsitektur Turki, India, Rusia, Mesir. Jika pengunjung memasukinya akan terasa seperti di dalam kerajaan.

Kemudian, ornamen masjid ini hampir mirip dengan beberapa objek wisata di Spanyol karya seniman Antoni Gaudi, yaitu Park Guell. Park Guell juga banyak bermain dengan mosaik keramik sampai demikian indahnya.⁣

Selain itu, Masjid Tiban ini memiliki cerita unik sendiri lho. Konon masjid tersebut dibangun oleh pasukan jin hanya dalam semalam saja.

Terdiri dari 10 lantai. Masjid yang berdiri megah bak istana kerajaan ini ternyata hanya mitos dibangun oleh pasukan jin.

"Menurut warga sekitar, jin yang dimaksud adalah para santri dari Ponpes Salafiyah Bihaaru Bahri' Asali Fadlaailir," ujar pemilik channel YouTube Muryono Ronggolawe.

Masjid Tiban ini sudah dibangun dari 1978, dan dibangun oleh para santri yang masih berada di area masjid tersebut.

Tak hanya dijadikan tempat ibadah, Masjid Tiban juga memiliki beberapa hewan yang dipelihara. Para pengunjung pun akan merasa lebih terhibur.

Bagaimana, apakah Anda berminat mengunjungi Masjid Tiban? Di sini Anda bisa mengabadikan gambar, dengan beberapa spot foto menarik dan pastinya Instagramable.



Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT