Sandiaga Uno siapkan konsep work from Bali (Foto: Kemenparekraf)
Siska Permata Sari

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tempat menarik di Bali yang bisa dijelajahi wisatawan. Kini, tidak harus menunggu liburan untuk ke Bali. Sebab, saat ini Anda bisa melakukan Work From Bali kapan saja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kebijakan Work From Bali saat ini tengah digodok. Kebijakan ini diyakini dapat membangkitkan pariwisata dan perekonomian masyarakat.

Terutama di Bali, sebagai pariwisata yang sangat terdampak pandemi Covid-19. Dia berharap, kebijakan Work From Bali dapat segera dieksekusi oleh lembaga dan pemerintahan.

“Kebijakan Work From Bali ini masih terus digodok dan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait. Kita pastikan Work From Bali ini adalah kebijakan yang bisa dieksekusi dengan tidak membebani anggaran tapi berpihak pada saudara-saudara kita di Bali,” kata Sandiaga Uno dalam acara Weekly Press Briefing, Rabu (2/6/2021).

Demi menyambut kebijakan Work From Bali, Sandiaga menjelaskan, Bali terus berbenah dan pihaknya akan mempersiapkan TCA (Travel Corridor Arrangement) dan meningkatkan 3 T (testing, tracing, dan treatment).

“Dengan adanya Work From Bali, Bali akan terus berbenah dan kita harapkan bisa sesuai dengan target, kita bisa memulai uji coba di kuartal ketiga untuk pembukaan pariwisata Bali,” tuturnya.

Dia menjelaskan, saat Work From Bali dimulai, terjadi peningkatan sebesar hingga tiga kali lipat kunjungan wisatawan. Menurutnya, ini menjadi dampak positif kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

“Kami optimistis, konsep ‘Work From Bali’ mampu mendukung industri pariwisata untuk lebih cepat bangkit, membuka kembali lapangan kerja bagi masyarakat Bali, dimana 80 persen lebih masyarakatnya menggantungkan mata pencahariaannya di sektor ini,” ujarnya.

Saat ini, Sandiaga Uno juga menampung usulan-usulan ‘Work From’ destinasi-destinasi lainnya di Indonesia. “Kita juga sekarang mendapatkan usulan-usulan untuk Work From Lombok, Work From Labuan Bajo dan destinasi-destinasi lainnya,” kata Sandiaga.



Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT