Ketahui hal penting sebelum liburan dengan pesawat (Foto: travelandleisure)
Intan Afika Nuur Aziizah

JAKARTA, iNews.id - Memilih liburan dengan maskapai penerbangan memang sangat populer. Selain nyaman, Anda juga bisa dengan cepat sampai ke destinasi wisata yang akan dituju.

Namun, sebelum bepergian dengan pesawat, traveler wajib mengetahui hal penting sebelum boarding pass. Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum boarding pass. 

Langkah ini tentunya sangat menentukan kelancaran perjalanan Anda nantinya. Bagi Anda yang belum pernah bepergian naik pesawat, pasti memiliki rasa ketakutan dan kebingungan sendiri. 

Nah, berikut ulasan yang harus dilakukan traveler sebelum boarding pas, dikutip dari Travel and Leisure, Kamis (3/2/2022).

1. Gunakan aplikasi maskapai

Sebelum boarding pass, unduh aplikasi maskapai Anda dan pastikan detail reservasi telah masuk agar bisa digunakan untuk check-in. Dengan begitu, Anda bisa langsung menuju ke bagian keamanan saat tiba di bandara tanpa perlu mengantre.

2. Periksa alternatif pesawat

Setelah memilih maskapai penerbangan, periksa kembali jenis pesawat dan kursi di situs maskapai untuk memastikan pesanan Anda sudah sesuai. Tentu saja Anda tidak ingin penerbangan berjalan dengan sia-sia, bukan? Apalagi jika Anda memesan kursi kelas bisnis. Pastikan Anda memilih kursi yang tidak terlalu dekat dengan dapur atau toilet agar tidak berisik dan beraroma tidak sedap.

3. Periksa laporan real-time

Gunakan FlightStats untuk melacak status penerbangan, kondisi cuaca, bahkan riwayat penerbangan pesawat Anda secara real-time. Jika pesawat tertunda, Anda bisa menjadi orang pertama yang tahu dan memesan ulang tiket tersebut.

4. Ukuran tas

Banyak maskapai penerbangan yang menerapkan batas ukuran ketat untuk tas jinjing. Oleh karena itu, periksa kembali dimensi tas Anda di rumah dan pastikan telah mematuhi batasan maskapai.

5. Periksa gadget dan hindari penggunaan Wi-Fi

Periksa semua gadget, mulai dari telepon, laptop, tablet, kamera, dan lainnya. Pastikan semua telah terbawa dan berada di tas jinjing Anda. Sebaiknya, hindari penggunaan Wi-Fi gratis di bandara lantaran rentan terhadap peretas.

6. Pesan makan dengan aplikasi

Jika Anda tidak menyukai makanan pesawat dan takut ketinggalan boarding saat mengantre di restoran bandara, Anda bisa menggunakan aplikasi online untuk memesan makanan di restoran. Pesan di perjalanan Anda ke bandara dan ambil di perjalanan ke gerbang tanpa harus berhenti melangkah. Mudah kan?

7. Protokol kesehatan

Banyaknya orang yang melewati dan menyentuh segala sesuatu di bandara dan pesawat terbang menjadikan tempat ini memiliki banyak kuman. Lindungi diri Anda dengan menggunakan tisu desinfektan di tangan dan kursi pesawat . Selain itu, gunakan juga masker medis mengingat saat ini masih dalam era pandemi. Jangan sampai terlewat ya!


Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT