Cara memilih sayuran yang baik. (Foto: foodnetwork)
Inas Rifqia Lainufar

JAKARTA, iNews.idCara memilih sayuran yang baik berikut bisa menjadi informasi yang berguna agar memaksimalkan bahan makanan di rumah. Tentunya saat menentukan makanan sehat yang hendak dikonsumsi, Anda perlu menerapkan beberapa cara memilih sayuran yang baik. 

Sayuran tergolong ke dalam jenis makanan yang memiliki berbagai manfaat, seperti menjaga kesehatan organ pencernaan, menurunkan berat badan, mencegah risiko kanker dan serangan jantung, meningkatkan sistem imun, dan manfaat-manfaat lainnya yang baik bagi tubuh. 

Oleh karenanya, setiap orang memang dianjurkan mengonsumsi sayuran setiap hari sebagai langkah untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun sudah tahukah Anda cara memilih sayuran yang baik? Jika belum mengetahui, simak langkah-langkah berikut agar mendapatkan manfaat dari sayuran secara maksimal.

Cara memilih sayuran yang baik

Sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah sayuran yang masih segar atau baru saja dipanen. Hal ini karena kandungan gizi pada sayuran segar masih terjaga dengan baik dan belum terkontaminasi dengan jamur atau bakteri.

Jika dibandingkan dengan sayuran beku, maka sayuran segar lebih dianjurkan untuk dikonsumsi lantaran kandungan gizi di dalamnya tidak akan hilang karena proses pembekuan.

Berikut adalah cara memilih sayuran segar yang menjadi indikator bahwa sayuran tersebut sangat baik untuk dikonsumsi, dirangkum iNews.id pada Jumat (25/3/2022).

1. Memperhatikan warna sayuran

Cara memilih sayuran yang baik pertama adalah dengan melihat warnanya. Sayur yang masih segar memiliki warna yang cerah dan merona. Sebaliknya, hindari memilih sayuran yang nampak kusam karena hal itu menjadi pertanda bahwa sayuran tersebut sudah lama dipetik oleh petani.

Selain itu, Anda tidak akan ditemukan jamur pada sayuran yang masih segar. Maka, Anda perlu menghindari memilih sayur yang tampak memiliki bintik-bintik hitam di atasnya.

2. Memerhatikan tekstur sayuran

Cara memilih sayuran yang baik selanjutnya adalah memerhatikan tekstur sayuran. Selain warna, Anda bisa mengidentifikasi sebuah sayuran tergolong sayur segar atau tidak hanya dengan memperhatikan teksturnya.Meskipun setiap sayuran memiliki tekstur yang berbeda, Anda tentu bisa merasakan apabila tekstur sayuran jadi berbeda dari biasanya.

Apabila Anda menemukan tekstur sayur yang lebih lembek dari biasanya, bisa dipastikan bahwa sayuran tersebut hampir busuk dan tidak layak dikonsumsi.

3. Memerhatikan aroma sayuran

Memperhatikan aroma sayuran bisa menjadi cara termudah yang bisa dilakukan untuk cara memilih sayuran yang baik, dilihat dari kesegarannya. Jika Anda mencium bau busuk dari sayuran yang Anda pilih, maka bisa dipastikan bahwa sayur tersebut sudah lama dipetik atau dipanen.

Dengan mencium aromanya, Anda juga bisa mendeteksi penggunaan pestisida berlebih pada suatu sayuran.

Demikian cara memilih sayuran yang baik, melalui warna, tekstur, hingga aroma yang dikeluarkannya. Semoga bermanfaat dan memudahkan dalam mengatur pola hidup sehat keluarga di rumah. 



Editor : Dyah Ayu Pamela

BERITA TERKAIT