Tempat Ngopi di Kulon Progo Yogyakarta paling asyik (Foto: Instagram@r_kurnia.d)
Adinda Septia B

YOGYAKARTA, iNews.id - Ada banyak tempat ngopi di Kulon Progo Yogyakarta yang bisa dikunjungi saat Anda berlibur. Terutama bagi para pendatang, kali ini Anda perlu tahu beberapa tempat ngopi yang asyik dan menyenangkan.

Kopi merupakan salah satu minuman yang disukai banyak orang mulai dari orang tua hingga generasi muda. Jika Anda kebetulan penggemar kopi yang sedang berlibur di Kulon Progo Yogyakarta, maka di sini Anda akan menjumpai banyak tempat ngopi yang dapat dinikmati bersama teman, keluarga, hingga pasangan. 

Apa saja kira-kira rekomendasi tempat ngopinya? Berikut 6 tempat ngopi di Kulon Progo Yogyakarta, yang dirangkum iNews.id pada Sabtu (16/10/2021).

1. Kopi Pari

Kopi Pari berada di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ngopi ini buka mulai pukul 09.00 hingga 23.00. Lokasinya yang berada di kawasan perbukitan Menoreh ini sangat asyik karena Anda harus melewati tantangan jalan menanjak untuk mencapai tempatnya. 

Sesampainya di sana, Anda tidak akan dikecewakan karena terdapat panorama alam yang dapat menenangkan suntuknya pikiran. Bangunannya sebagian besar terdiri dari material kayu sehingga sangat terlihat alami. Salah satu keunggulan dari Kopi Pari adalah pemanisnya yang menggunakan gula semut/gula asli Hargotirto. Tenang saja, tempat ini tidak hanya menyediakan kopi tetapi juga menyajikan makanan khas pedesaan seperti pisang rebus, singkong goreng atau rebus, talas rebus, tempe benguk, dan masih banyak lagi.

2. Kopi Ampirono

Tempat ngopi yang satu ini terletak di Jalan Raya Kaligesing, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00. bagi Anda pencinta alam sekaligus kopi, tempat ini sangat tepat untuk dicoba karena lokasinya berada di tengah pedesaan serta view-nya tak kalah cantik. Sepanjang perjalana Anda akan melihat hamparan sawah yang luas, cocok sekali untuk healing. 

Untuk dekorasinya, Kopi Ampirono mengusung konsep rumah Joglo yang ada di atas bukit. Panorama Gunung Merapi dan Gunung Merbabu akan menemani Anda ketika berkunjung kemari. Selain menikmati beragam kopi, hidangan yang disuguhkan di sini berkonsep hidangan “warung ndeso”, yang berarti makanannya seperti lodeh kluwih, lodeh terong, geblek (makanan khas Kulon Progo), mendoan dan masih banyak lagi. Harga makanan dan kopinya aman di kantong yaitu sekitar Rp5.000-8.000. Murah sekali bukan?

3. Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat

Kedai Kopi Menoreh Pak Rahmat berlokasi di Madigondo, RT 26/10, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dan buka mulai pukul 08.00 hingga 19.00. Tempat ngopi ketiga ini sangat dikenal akrab oleh masyarakat setempat. Tempat ngopi yang berada di kawasan perbukitan Menoreh ini terkenal dengan menu andalannya yakni robusta dan kopi lanang.

Harga dari hidangan dan minumannya dibanderol mulai dari Rp3.500 - Rp65.000 termasuk kopi kemasan yang dijual untuk diseduh di rumah. Tak hanya itu, kopi yang dijual di tempat ini ternyata adalah hasil dari kebun Pak Rohmat sendiri.

Pengolahannya pun sederhana bahkan para pengunjung dapat melihat langsung dengan cara memasuki area warung. Sambil menikmati kopi, Anda juga dapat melakukan swafoto dengan latar belakang pemandangan alam hijau. Jika penasaran bagaimana rupa dari kebun kopi milik Pak Rohmat, Anda dapat berjalan sekitar 20 menit untuk menuju lokasi perkebunan. 

4. Kebun Omah Kopi Suroloyo

Tempat ngopi kali ini beralamat di Keceme, Gerbosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dan buka mulai pukul 08.00 hingga 20.00. Kebun Omah Kopi Suroloyo menyediakan tempat yang nyaman dengan nuansa sederhana. Tentunya cocok untuk menikmati suasana dingin di sini dengan secangkir kopi panas.

Jenis kopi yang disajikan di tempat ngopi ini ada beragam, seperti kopi arabika suroloyo, kopi drip, robusta blend visixty, kopi vietnam, kopi hingga aneka teh, wedang uwuh, cokelat dan latte. Selain kopi dan teh, tempat ini juga menyediakan camilan seperti gorengan dan aneka olahan mi. Harga yang dibanderol sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp3.000 - Rp13.000. Menurut ulasan pengunjung, penjual hingga pelayanan di tempat ini sangat baik dan ada wifi gratis yang menjadi keunggulan Kebun Omah Kopi Suroloyo.

5. Kopi Mojo

Kopi Mojo terletak di Karang, Gerbosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dan buka mulai pukul 11.00 hingga 23.00. Tempat ngopi yang memiliki tempat nyaman khas dekorasi Jawa dan pemandangan alam pegunungan ini seringkali dijadikan tujuan ngumpul bersama teman dan keluarga. Menu kopinya sangat beragam mulai dari es/hot cappuccino, Vietnam drip, V60, espresso, kopi tubruk mojo, kopi tubruk luwak, dan menyediakan aneka teh, cokelat hingga air mineral. Jika lapar, Anda dapat memesan menu hidangannya seperti paket semur dan sambal, tempe garit, aneka olahan telur, aneka olahan ayam kampung, garang asem, tela goreng, kentang goreng, geblek, dan pisang goreng.

Harga yang dibanderol sangat terjangkau yakni mulai dari Rp1.000 - Rp40.000. Para pengunjungnya mengaku puas dengan pelayanannya, harganya murah,, free wifi, hingga tempatnya bersih dan nyaman. 

6. Kopi Ingkar Janji

Kopi Ingkar Janji hanya berjarak 300 meter dari Kopi Ampirono, lebih spesifiknya terletak di Jalan Raya Kaligesing No. 17, Tileng, Pendoworejo, Grimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Buka mulai pukul 08.00 hingga 21.00. Tempat ngopi ini memiliki keunggulan tempatnya yang luas sehingga cocok untuk didatangi beramai-ramai bersama keluarga dan teman. Tak jauh beda dengan Kopi Ampirono, di sini Anda dapat menikmati pemandangan hamparan sawah luas yang menyegarkan pikiran. Harga yang dipatok sangat ramah di kantong yaitu mulai dari Rp3.000 - Rp16.000. Menu kopinya cukup beragam, terdiri dari kopi tubruk, kopi turki, kopi V60, kopi vietnam drip, hingga kopi ingkar janji. Selain kopi, di sini juga menyediakan berbagai jenis teh, kunir asem, minuman jeruk hingga air mineral. 

Demikian 6 rekomendasi tempat ngopi di Kulon Progo Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan Anda. Selamat menikmati hangatnya kopi dan kenyamanan tempatnya yang dapat menjadikan pengalaman ngopi Anda tak terlupakan. Tertarik ngopi di mana nih?


Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT