Tips Mengelola Pengeluaran di Akhir Tahun

· Minggu, 19 November 2017 - 11:37 WIB
Tips Mengelola Pengeluaran di Akhir Tahun

KITA sudah memasuki bulan-bulan terakhir tahun 2017, di mana rencana resolusi tahun baru Anda bisa jadi hanya menjadi kenangan. Bahkan, dengan keteguhan untuk tetap berpegang pada anggaran tahun ini dengan membayar sedikit debit dan menabung lebih banyak, tetap sangat mudah teralihkan dengan pengeluaran sehari-hari.

Tapi belum terlambat untuk menyelesaikan tahun ini dan mempersiapkan diri Andan untuk tahun 2018 yang lebih baik. Mengutip Marketwatch, Minggu (19/11/2017), Anda bisa mengecek kembali hal apa saja yang perlu diperhatikan.

1. Mulai menganggarkan dan rencanakan liburan Anda dari sekarang

Riset dari Bank TD di tahun 2016, ditemukan bahwa 80% dari kita menghabiskan banyak uang untuk biaya liburan.  Pengeluaran ini dengan mudah membuat kita harus membayar utang lebih tinggi dan tidak memiliki uang di Januari berikutnya. Jangan lakukan secara berlebihan dan Anda bisa memulai 2018 dengan baik.

Dimulai dengan mengalkulasikan seberapa banyak yang benar-benar Anda butuhkan untuk hadiah, liburan, makanan, dekorasi, dan lainnya. Kemudian siapkan transfer otomatis di tabungan Anda sekarang juga untuk cadangan.

2. Merencanakan pengeluaran untuk perawatan kesehatanmu.

Penasihat keuangan dari Great Waters Financial, Justin Halverson, menyarankan  jika Anda memiliki akses akun pengeluaran fleksibel (flexible spending account) untuk biaya perawatan kesehatan, pastikan untuk menghabiskan dana sebelum tanggal 31 Desember atau Anda akan kehilangan dana itu. Anda bisa gunakan uangnya untuk biaya pengobatan umum, misalnya seperti operasi lasik dan perawatan gigi.

“Jika kamu memiliki akun asuransi maka uang yang kamu punya tidak memiliki batas waktu. Jadi jangan takut untuk segera menghabiskannya sekarang. Kemudian kamu bisa menggunakannya di tahun depan,” kata Konsultan Keuangan Sewaan dan Ketua dari Cirrus Wealth Management, Joe Heider.

3. Tingkatkan Kontribusi Tabungan Pensiun Anda

Jika Anda memiliki bonus akhir tahun, pikirkanlah untuk meyisihkan sebagian ke rekening investasi. Jika Anda mengharapkan kenaikan biaya hidup, memiliki rencana yang disponsori atasan kerja, pertimbangkan untuk menaikkan tingkat kontribusi reguler 1% atau 2% untuk tahun 2018. Anda tidak akan merasakan perbedaan pada gaya hidup, tapi uang yang Anda sisihkan pasti membuat perbedaan yang besar terhadap seberapa banyak yang bisa Anda tabung untuk pensiun.

4. Buat rencana untuk sumbangan amal.

Sebelum Anda dibombardir dengan permintaan sumbangan amal selama liburan, putuskan sekarang berapa banyak yang Anda akan beri dan di mana. Kemudian akan menjadi lebih mudah untuk menolak permintaan yang diiminta dan pastikan Anda memberikan yang paling penting.

Liburan akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk membersihkan lemari dan menyumbangkan pakaian atau peralatan rumah tangga yang tidak lagi Anda butuhkan atau inginkan. Kemudian Anda bisa memulai tahun baru dengan daftar yang bersih dan mencatat biaya potongan pajak lainnya. Tapi jangan lupa untuk menyimpan struk-struk dan kuitansi terkait.

Editor : Ranto Rajagukguk

TAG :