Empat Tips Mengelola Keuangan bagi Pekerja Pemula

ยท Minggu, 19 November 2017 - 16:25 WIB
Empat Tips Mengelola Keuangan bagi Pekerja Pemula

JAKARTA, iNews.id - Baru melewati masa pendidikan bangku kuliah dan bersiap memasuki dunia kerja, pastinya terbesit menggunakan gaji pertama untuk membeli berbagai barang. Pada posisi seperti itu, ada baiknya uang gaji yang diterima tiap bulannya mulai dipilah-pilah berdasarkan kebutuhan.

Bagi pemula yang baru bekerja, harus diperhatikan mengelola keuangan agar memiliki masa depan yang terbaik. Berikut empat tips yang iNews.id rangkum dari berbagai sumber:

1.Sisihkan Gaji

Kalian harus bisa menyisihkan 10-15% gaji yang diterima sebagai tabungan. Perlu diingat, sebaiknya kalian memiliki dua rekening bank, yakni untuk keperluan gaji atau belanja, dan tabungan.

2.Gunakan untuk Investasi

Sebisa mungkin dana tabungan kalian yang sudah disisihkan dari gaji yang diterima digunakan untuk berinvestasi. Bentuk invetasi itu bisa properti, saham reksa dana, atau emas (logam mulia). Ingat, investasi tidak perlu dalam jumlah yang besar dulu.

Setidaknya, saat tak lagi bekerja punya dana pemasukan dari investasi yang kalian kelola. Semisal investasi properti di mana banyak pengembang properti berlomba-lomba menawarkan promo menarik dengan cicilan uang muka atau angsuran jangka panjang dengan nominal kecil.

3. Pergi Berlibur

Selain dana untuk investasi, kalian para pekerja pemula pasti membutuhkan hiburan untuk mengurangi beban stres karena bekerja. Nah, selain menyisihkan 10-15 persen untuk tabungan atau investasi, alokasikan juga dana khusus untuk plesiran ke tempat-tempat wisata dalam maupun luar negeri.

4. Hindari Utang

Hindari persoalan utang atau membeli produk secara kredit. Jika mampu menghindari utang, berarti pengelolaan keuangan kalian berhasil. Meskipun utang pastinya akan dialami, ada baiknya dibayar menggunakan dana dari alokasi kebutuhan.

Jadi, jangan menunda untuk mengelola keuangan dari awal mulai bekerja. Sebab, kebutuhan di masa depan harus disiapkan sedini mungkin.

Editor : Ranto Rajagukguk

TAG :