Ini Keuntungan Berinvestasi Emas, Terutama Buat Pemula

ยท Minggu, 19 November 2017 - 20:30 WIB
Ini Keuntungan Berinvestasi Emas, Terutama Buat Pemula

JAKARTA, iNews.id – Saat ini, investasi cukup beragam jenisnya, mulai dari logam mulia, reksadana hingga properti. Investasi-investasi tersebut menawarkan banyak keuntungan dan kelebihan bergantung bagaimana Anda mengelolanya.

Namun jika Anda pemula, Anda bisa memilih emas sebagai investasi awal. Sebab, logam mulia memiliki sejumlah kelebihan yang salah satunya tidak terpengaruh inflasi sehingga harganya tetap stabil.

“Investasi emas menguntungkan, karena berfungsi sebagai lindung nilai (hedging) terhadap inflasi atau turunnya nilai uang dan diversifikasi dari portofolio,” tulis @antamlogammulia akun resmi Instagam PT Aneka Tambang (ANTM) Tbk, Minggu (19/11/2017).

Antam menyatakan, emas merupakan bentuk investasi jangka panjang yang tidak membutuhkan modal besar. Meski bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang, emas bisa dicairkan dengan mudah sehingga pemiliknya bisa memiliki dana segar secara cepat.

“Mudah dicairkan atau dipindahtangankan, risikonya pun rendah. Bisa berstatus kepemilikan dan pengolahan sendiri serta biaya pajak dan administratif relatif rendah,” ujarnya.

Selain itu, Antam juga menyatakan, biaya pajak dan administratif emas lebih rendah ketimbang investasi lain yang mayoritas lebih rumit dan bahkan memakan biaya.

Berdasarkan Pajak Penghasilan (PPh) pasal 22 yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 34/OPMK.010/2017 tentang Pungutan Pajak Penghasilan, bagi yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) maupun non-NPWP dikenakan pungutan yang berbeda.

“Ada tarif yang berbeda dalam pelaksanaanya, 0,45 persen untuk pembeli yang punya NPWP dan 0,9 persen pembeli tidak punya NPWP,” tulis akun tersebut.

Editor : Ranto Rajagukguk

TAG :