Clean Sheet 18 Kali, De Gea Raih Golden Glove

Fitradian Dhimas Kurniawan · Jumat, 11 Mei 2018 - 09:25 WIB

LONDON, iNews.id – Kiper Manchester United (MU) David De Gea mendapatkan penghargaan Golden Glove. Penghargaan itu didapatkannya setelah mencetak clean sheet untuk ke-18 kali di musim ini saat membawa MU imbang 0-0 kontra West Ham United pada pekan ke-37 Premier League di London Stadium, Jumat (11/5/2018) dini hari WIB.

Penghargaan ini merupakan yang pertama kalinya untuk De Gea. Wajar jika penjaga gawang asal Spanyol itu sangat bangga mendapatkannya.

“Ini Golden Glove saya yang pertama. Saya bangga dan senang untuk diri sendiri dan tim,” kata De Gea pada akun Twitter resmi MU.

De Gea merasa pencapaiannya itu tak lepas dari kerja sama seluruh pemain The Red Devils. Dia menilai pertahanan MU sangat berperan dalam pencapaiannya itu. Di bawah pengawalan mantan kiper Atletico Madrid itu, gawang The Red Devils hanya kebobolan 28 kali, nomor kedua paling sedikit setelah sang juara Manchester City (27).

“Dengan penghargaan ini, artinya pertahanan kami sudah sangat bagus sepanjang musim. Saya bermain dengan baik musim ini,” ujar pemain berusia 27 tahun itu.

Untuk itu, De Gea mempersembahkan penghargaan Golden Glove kepada MU. “Penghargaan ini merupakan upaya dari seluruh anggota tim, bukan hanya kiper seorang,” tutur De Gea.

Pelatih MU Jose Mourinho juga berpendapat senada. Dia menilai seluruh pemain juga berkontribusi atas penghargaan untuk De Gea itu.

“David sudah bermain hebat musim ini. Tetapi, gelar Golden Glove itu adalah hasil kerja tim. Penghargaan ini bukan mengenai kiper terbaik di Premier League,” kata Mourinho.

Tak heran, Mourinho pun menegaskan penghargaan itu untuk MU secara keseluruhan, dan bukan untuk De Gea seorang.

“Raihan clean sheet merupakan hasil kerja keras seluruh pemain. Tentu saya sangat senang untuk David, tetapi penghargaan itu prestasi tim,” ujar pelatih berusia 55 tahun itu.

Penghargaan Golden Glove diperkenalkan di musim 2004/2005 kepada kiper terbaik Premier League selama satu musim. De Gea merupakan kiper MU kedua yang mendapatkannya. Sebelumnya Edwin Van Der Sar juga meraih prestasi serupa pada musim 2008/2009.

Sebelumnya, pesaing terberat De Gea untuk mendapatkan gelar kiper terbaik di Inggris musim ini adalah Kiper Manchester City Ederson Moraes. Sepanjang musim ini, Ederson sudah mengemas 16 kali clean sheet. Namun, dengan sisa satu laga lagi, otomatis De Gea yang memenangkan persaingan ini.

Editor : Abdul Haris

KOMENTAR