Reliance sekuritas: IHSG Bakal Bergerak Menguat Terbatas

· Selasa, 05 Desember 2017 - 08:08 WIB
Reliance sekuritas: IHSG Bakal Bergerak Menguat Terbatas

JAKARTA, iNews.id - Reliance Sekuritas memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak menguat terbatas dengan range 5.978-6.036. Indikasi penguatan lebih lanjut menguji angka psikologis 6.000 cukup kuat meskipun indikator dan momentum tidak begitu optimis.

Indikator Stochastic bergerak bearish negatif dengan RSI yang rebound pada middle area. "Pergerakan IHSG secara teknikal berhasil rebound tepat pada support -2 standar deviasi regresi trend dan whipsaw pada level MA50," kata Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, dalam risetnya, Selasa (5/12/2017).

IHSG ditutup sedikit menghapus kerugian pada akhir pekan sebelumnya dengan naik 46,05 poin di level 5.998 mencoba bertahan pada zona level psikologis 6.000 dengan indeks konsumer menjadi pendorong penguatan di awal pekan.

Tingkat inflasi yang dirilis lebih rendah dari ekspektasi yang mendasari optimisme investor dalam prospek suku bunga di akhir tahun melihat pertumbuhan kredit yang masih jauh di bawah target. Investor asing tercatat net sell Rp845,32 miliar.

Indeks Nikkei dan TOPIX di Jepang berbalik melemah, sedangkan indeks Hangseng dan Shanghai menguat di awal pekan. Greenback menguat terhadap mata uang emerging market setelah imbal hasil utang Amerika Serikat (AS) kembali naik 2,4 persen.

Sementara itu, bursa Eropa dibuka gap up menguat di mayoritas indeks saham. Indeks Eurostoxx, FTSE, DAX, dan CAC menguat. Dorongan optimisme pertumbuhan ekonomi di AS setelah persetujuan pemotongan pajak menjadi alasan investor meskipun di Eropa sedang dalam intensitas pembahasan brexit.

Editor : Ranto Rajagukguk

TAG :