Binaartha Sekuritas: Sentimen Aksi Beli, IHSG Diharapkan Terus Menguat

· Selasa, 05 Desember 2017 - 08:17 WIB
Binaartha Sekuritas: Sentimen Aksi Beli, IHSG Diharapkan Terus Menguat

JAKARTA, iNews.id - Binaartha Sekuritas memproyeksikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di kisaran supportpertama dan kedua 5.984 dan 5.970 dengan resistance pertama dan kedua berada pada level 6.022 dan 6.045.

Sementara itu, Stochastic dan RSI berada di area netral. Terlihat pola bullish homing pigeon candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi bullish continuation pada pergerakan indeks saham.

"Berdasarkan indicator daily, MACD sudah terlihat membentuk pola dead cross di area positif," kata Analis Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada dalam risetnya, Selasa (5/12/2017).

Pergerakan IHSG yang akhirnya mampu kembali menguat pascaturun dalam diharapkan dapat kembali mempertahankan tren kenaikannya. Meski terdapat sentimen dari menguatnya kembali nilai dolar Amerika Serikat (AS), namun diharapkan sentimen dari dalam negeri mampu mengimbanginya sehingga IHSG tidak mengalami koreksi kembali.

"Tentunya kondisi ini diikuti oleh kembali meningkatnya aksi beli. Tetap antisipasi berbagai sentimen yang dapat menahan penguatan kembali IHSG," ujarnya.

Sebelumnya, dalam mengawali pekan, laju IHSG menguat di mana pelaku pasar mampu memanfaatkan pelemahan sebelumnya untuk kembali mengoleksi sejumlah saham pilihan. Selain itu, adanya rilis inflasi yang cukup rendah turut memberikan sentimen positif. Meski inflasi bulan November lebih tinggi dari bulan sebelumnya namun, masih lebih rendah dari November beberapa tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, meski IHSG menguat cukup tinggi namun, diikuti oleh adanya aksi jual asing. Namun demikian, pergerakan rupiah yang menguat meski tipis dapat mengimbanginya sehingga laju IHSG pun masih berada di zona hijau. Asing mencatatkan nett sell Rp845,32 miliar dari sebelumnya nett sell Rp1,73 triliun.    

Adapun saham-saham pilihan yang direkomendasikan, yaitu ASII, BEST, BSDE, INCO, ISAT, dan SMGR.

Editor : Ranto Rajagukguk

TAG :