Reliance Sekuritas: IHSG Berpotensi Tertekan Cukup Tinggi Hari Ini

· Jumat, 24 November 2017 - 08:33 WIB
Reliance Sekuritas: IHSG Berpotensi Tertekan Cukup Tinggi Hari Ini

JAKARTA, iNews.id - Reliance Sekuritas memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi tertekan cukup tinggi di akhir pekan dengan range pergerakan 6.028-6.070. Pergerakan IHSG kembali menguji upper bollinger bands sebagai resistance namun ditutup melemah hingga membentuk pola bearish counter attack dengan indikasi koreksi jangka pendek menguji level MA20.

"Indikator Stochastic melanjutkan pergerakan jenuh dengan momentum yang sudah cukup tinggi pada indikator RSI," kata Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi dalam risetnya, Jumat (24/11/2017).

Mayoritas indeks saham di Asia ditutup melemah di mana indeks Hangseng dan Shanghai tersungkur dalam setelah peringatan pemerintah terhadap harga industri yang melambat hingga kampanye pemerintah untuk mengurangi leverage di saat indeks Jepang ditutup karena libur. Harga minyak dunia west texas intermediate (WTI) turun terendah dalam sepekan setelah mencapai level tertinggi.

Indeks saham Eurostoxx, FTSE, DAX dan CAC  dibuka mayoritas terkonsolidasi melihat pelemahan yang cukup signifikan pada bursa saham di Asia. Politik Jerman tetap menjadi sorotan dengan Pemimpin Demokrat Sosial, Martin Schulz, siap untuk memulai pembicaraan dengan Kanselir Angela Merkel.

"PMI (indeks manajer pembelian) manufaktur dan Jasa di zona Eropa rilis positif diharapkan mampu menahan tekanan aksi jual dari sentimen Asia," katanya.

IHSG ditutup turun 6,54 poin di level 6.063 dengan indeks sektor tambang berbalik melemah seiring pelemahan mayoritas harga komoditas tambang menjadi penekan pergerakan IHSG setelah sempat menguat awal sesi perdagangan. Meskipun demikian investor asing cenderung tercatat net buy Rp775,30 miliar dengan komposisi net sell di pasar reguler sebesar Rp109,85 Miliar.

"Net buy di pasar negosiasi sebesar Rp885,15 miliar. Saham BBCA dan ADHI menjadi yang teramai terjadinya penjualan investor asing," ujarnya.

Adapun saham-saham yang masih dapat dicermati di akhir pekan di antaranya AKRA, BSDE, EXCL, INDF, ITMG, JPFA, MAPI, ADHI.

Editor : Ranto Rajagukguk

TAG :