Dari Pipa Rokok, Casio Kuasai Dunia dengan G-Shock

· Jumat, 10 November 2017 - 17:25 WIB

TOKYO, iNews.id - Kalkulator dan jam tangan G-Shock.  Begitu kebanyakan orang mengidentikkan Casio.  Tak mengherankan mengingat dua produk ini laku keras di pasaran. Bahkan hingga kini Casio G-Shock tetap mendominasi penjualan jam tangan digital secara global.

Sukses Casio Computer Co Ltd melahirkan berbagai produk kelas dunia tak dibangun  dengan mudah. Dimulai pada pada April 1946 ketika Tadao Kashio, insinyur ahli teknologi fabrikasi mendirikan perusahaan Kashio Keisanki Kabushiki.

Namun ciptaan pertama bukanlah jam tangan.  Produk monumental mereka adalah pipa yubiwa, sebuah pipa cincin rokok. Ketika itu Jepang jatuh miskin akibat Perang Dunia II sehingga harga rokok melambung tinggi.

Pipa yubiwa menjadi penemuan yang penting di Jepang karena masyarakat dapat menghisap rokok sampai habis. Perusahaan mengeruk keuntungan dari suksesnya penjualan pipa itu.


Setelah kalkulator elektrik dipamerkan di Business Show, Ginza, Tokyo pada 1949, Kashio dan tiga adiknya, Toshio, Kazuo, dan Yukio terpacu untuk menciptakan kalkulator mereka sendiri. Mereka menggunakan keuntungan dari penjualan pipa yubiwa.

Pada masa itu, sebagian besar kalkulator diproduksi dengan menggunakan peralatan seadanya dan bisa dioperasikan tangan dengan menggunakan motor atau poros. Toshio memahami dengan baik permasalahan elektronik dan memutuskan untuk membuat kalkalutor dengan menggunakan selenoids.

Kalkulator sebesar meja itu selesai pada 1954 dan menjadi kalkulator elektro-mekanis pertama di Jepang. Salah satu inovasi paling penting dan mendasar adalah adopsi pada 10 tombol urutan nomor.  Sementara kalkulator lain di era itu menggunakan keypad secara penuh. Inovasi besar lainnya ialah penggunaan satu layar, bukan lagi tiga layar.


Pada 1957, Casio merilis Model 14-A yang menjadi kalkulator compact elektrik pertama di dunia. Kalkulator itu dijual seharga 485.000 yen karena teknologinya terbilang lebih canggi dibanding kalkulator lain.
 
Pada 1980-an Casio merambah bisnis alat musik. Langkah itu menuai hasil manis karena keyboard  pabrikan mereka sangat populer. Pada masa ketika lagu-lagu banyak dimainkan dengan iringan keyboard, Casio menangguk untung lantaran produk mereka dikenal memiliki kualitas bagus dan harga terjangkau.

Seperti tak mau berhenti. Casio melesat dengan menggarap bisnis jam tangan. Berbagai variasi arloji pun diciptakan.  “Kami ingin menciptakan produk baru yang dapat mendukung aktivitas kreatif dan intelektual yang dapat memperbaiki kehidupan sosial di seluruh dunia. Kami ingin masyarakat memiliki pengalaman baru,” ungkap Casio di situs resmi mereka. “Menurut kami, masih ada banyak produk yang harus dibuat dan berguna,” tambah pernyataan tersebut.

Casio juga menjadi salah satu perusahaan yang mengeluarkan jam tangan quartz, baik digital ataupun analog. Casio juga mulai menjual jam tangan kalkulator. Jam tangan Casio sangat unik. Sebab, jam tangan Casio merupakan salah satu jam tangan yang dapat menampilkan perbedaan zona waktu di berbagai negara, suhu, tekanan atmosfer, ketinggian, hingga global positioning system (GPS).


Sejumlah inovasi kamera digital terkemuka juga telah diciptakan Casio, termasuk QV-10, sebuah kamera digital pertama yang dilengkapi layar LCD di bagian belakang. QV-10 juga menjadi kamera digital pertama yang memiliki kamera tiga megapixel, model ultracompact, dan berteknologi lensa keramik.

Perjalanan zaman menempatkan Casio tak lagi dikenal sebagai pembuat kalkulator. Saat ini Casio lebih dikenal sebagai perusahaan jam tangan digital karena kualitas dan ketahanannya tidak terkalahkan.

G-Shock atau jam tangan anti-guncangan menjadi jam tangan keluaran Casio yang pernah sangat populer.  G-Shock DW-5600 C edisi 1983 tercatat sebagai salah satu model yang paling banyak diburu kolektor.

Pada perkembangannya, Casio membuat bermacam-macam jam tangan digital, termasuk yang dilengkapi games dan sangat booming pada 1980-an dan 1990-an. Casio juga membuat produk untuk pasar lokal, termasuk jam tangan prayer compass yang dapat digunakan orang muslim untuk mengetahui waktu salat dan arah kiblat.

 

 

Editor : Zen Teguh

TAG :

KOMENTAR