Toyota Avanza-Veloz Terbaru Lebih Senyap dan Nyaman

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 08 Maret 2019 - 14:04 WIB

SEMARANG, iNews.id - Jurnalis iNews.id berkesempatan mengikuti kegiatan test drive New Avanza dan New Veloz selama dua hari, pada 27-28 Februari 2019. Rute yang ditempuh adalah Yogyakarta-Magelang-Semarang-Cirebon dengan total jarak tempuh sekitar 400 km.

Bagaimana impresi berkendara dengan mobil 'Sejuta Umat' ini setelah mendapat penyegaran dengan penyematan fitur-fitur baru?

Dalam perjalanan menantang bertajuk Journalist Test Drive (JTD) New Avanza dan New Veloz ini, Toyota menyediakan sebanyak enam unit kendaraan dari berbagai varian.

Di hari pertama test drive, iNews.id yang berada di grup 4 bersama tiga jurnalis lainnya, mendapat kesempatan mencoba Toyota Veloz 1.5 L MT (transmisi manual). Perjalanan dimulai dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menuju Resto Manohara, Kompleks Candi Borobudur, sejauh 43,9 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit.

Duduk dibangku penumpang, kesan pertama dari model Veloz terbaru memiliki kabin lebih senyap dan nyaman dibanding model sebelumnya.

Avanza

Dalam perjalanan menuju destinasi wisata tersebut, selain melewati jalan-jalan dalam kota yang lalu lintasnya cukup padat juga melintasi jalan arteri serta jalan kolektor yang menghubungkan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Kondisi jalan kolektor Yogyakarta - Magelang ini beraspal mulus dengan banyak trek lurus sangat cocok untuk menguji kelincahan sekaligus ketangguhan Avanza dalam lintasan luar kota yang kondisi lalu lintas cukup padat. Walau gas digeber, konsumsi bahan bakar Veloz 1.5 MT terbaru cukup irit 15 km/liter.Tiba di Resto Manohara Borobudur, jurnalis diberikan penjelasan mengenai teknologi dan fitur baru pada Avanza dan Veloz 2019.

Usai santap siang, selanjutnya awak media diajak mengikuti kegiatan bertajuk Media Activity Indonesia Greatness di Balkondes Tuksongo yang jaraknya sekitar 5 km dari Jalan Borobudur Ngadiharjo, Magelang.

Para jurnalis di ajak melihat dan belajar membuat kerajinan kerambah, sambil menikmati keindahan alam di bukit Manoreh. Ini sesuai dengan karakter Avanza yang dekat dengan budaya Indonesia.

Avanza

Kegiatan jurnalis dilanjutkan menuju Pendopo Plataran Heritage Borobudur yang berjarak hampir 2 km dari tempat sebelumnya. Di Pendopo Plataran Borobudur, para jurnalis belajar memasak kuliner khas Magelang dengan arahan dari chef berpengalaman.

Usai kegiatan menarik di Magelang, perjalanan jurnalis dilanjutkan ke Kota Semarang menuju Hotel PO, dengan jarak tempuh sekitar 115 km. Di sini, jurnalis berkesempatan mengeloborasi performa keandalan maupun kenyamanan New Veloz. Rute ini melintasi jalan kolektor yang lalu lintasnya cukup padat dan jalan tol.

Di rute terpanjang hari pertama ini, jurnalis dapat merasakan sentuhan improvement Toyota pada New Veloz. Di mana pada bagian rangka dan kaki-kaki, Toyota telah menyempurnakan coil spring dan shock absorber yang membuat New Avanza dan New Veloz lebih stabil dan nyaman. Keduanya juga menggunakan Electric Power Spring sehingga lebih enak dikendarai baik dalam kecepatan rendah maupun tinggi. Tak heran, walau dipacu hingga 130 km/jam, Veloz terbaru lebih stabil dan nyaman.

Fitur menarik lainnya yang disematkan pada New Veloz, antara lain smart entry, desain outer mirror (lampu spion) yang lebih menarik dan khususnya untuk Veloz 1.5 menggunakan auto folding mirror.

Adapun semua varian Veloz kini menggunakan teknologi lampu Follow Me Home Light yang memberikan pencahayaan saat malam hari untuk pengendara pada saat memasuki hunian.

Jurnalis tiba di Hotel PO semarang setelah menempuh waktu 2,5 jam dan beristirahat sejenak di hotel. Kegiatan JTD hari pertama, jurnalis diakhiri menyusuri beberapa ruas jalan di Kota Semarang dari Hotel PO menuju Soto Mbak Lin untuk santap malam bersama komunitas Toyota Avanza dan Veloz.

Memasuki hari kedua, JTD New Avanza dan New Veloz dimulai dari Hotel PO Semarang Tengah menuju ke beberapa lokasi dalam aktivitas interaktif. Mobil yang digunakan grup 4 kali ini adalah New Veloz 1.3 L AT (transmisi otomatis)

Dalam rangkaian kegiatan ini, jurnalis berkunjung ke Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang yang dibangun pada 1742 di Kawasan Bengasari, Semarang Barat. Tempat ini menjadi tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho dari China.

Perjalanan dilanjutkan berkunjung ke salah satu sekolah tertua, yakni SMAN 1 Semarang. Kakak RA Kartini tercatat pernah sekolah di sana.

Setelah itu, jurnalis berkunjung ke Gereja Blenduk yang merupakan gereja Kristen tertua di Jawa Tengah (dibangun tahun 1753) dan berlokasi di Jalan Letjen Suprapto Tanjung Mas, Semarang Utara. Destinasi terakhir di Kota Semarang bertandang ke Masjid Agung Jawa Tengah, yang merupakan masjid terbesar di provinsi tersebut.

Perjalanan ini cukup menantang karena harus menghadapi kondisi jalan menembus kepadatan lalu lintas Kota Semarang. Namun dengan karakter Avanza sebagai mobil yang juga cocok di perkotaan perjalanan terasa nyaman dan mengasyikan.

Sistem penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) pada Avanza memberi keleluasaan pada gerak mobil sehingga lebih lincah dalam manuver. Sistem RWD, memungkin Avanza mempunyai akses yang lebih mudah memasuki ruang sempit di jalan perkotaan dan kondisi macet.

Avanza

Aktivitas jurnalis dilanjutkan ke Ohana Café di Kawasan Jalan Sisingamangaraja Kaliwiru Candisari, Semarang, untuk santap siang. Jurnalis juga bertemu dengan Erix Soekamtri, seorang musisi dan content creator ternama, yang memiliki program DOES atau Diary of Erix Soekamti di kanal YouTube mengenai keseharian, dan kegiatan, serta pemikirannya.

Perjalanan terakhir di hari kedua adalah menuju Kota Cirebon, Jawa Barat. Perjalanan ini sebagai rute terpanjang dari rangkaian perjalanan JTD New Avanza dan New Veloz. Perjalanan dari Ohana Cafe Design, Semarang menuju Stasiun KA Cirebon berjarak sekitar 231,6 km.

Avanza

Jurnalis iNews.id berkesempatan mengemudikannya hingga Kota Cirebon. Ada lima ruas jalan tol yang dilintasi, yakni ruas tol Semarang-Batang sejauh 75 km, Batang-Pemalang 40 km, Pemalang-Pejagan 58 km dan terakhi Pejagan-kanci 35 km. Ini perjalanan menantang karena dilakukan nonstop.

Perforna Veloz 1.3 cukup mumpuni. Walau gas diinjak dengan transmisi otomatis di posisi D3 mobil dapat melaju hingga kecepatan maksimal 135 km/jam. Tak heran, dengan performa yang baik perjalanan dari Kota Semarang dapat ditempuh sekitar 2,5 jam hingga Kota Cirebon.

Avanza

Sebagai mobil keluarga, Avanza belum tergantikan posisinya. Apalagi mobil ini sekarang lebih nyaman dan kedap suara, dengan mesin yang terkenal bandel.

Didukung teknologi Toyota yang andal dan layanan purnajual terluas, tak heran Avanza-Veloz tetap menjadi pilihan utama konsumen Indonesia.

Editor : Dani Dahwilani