Ban Belakang Motor Lebih Cepat Botak, Ini Penyebabnya

Riyandy Aristyo · Selasa, 17 April 2018 - 17:54 WIB
Ban Belakang Motor Lebih Cepat Botak, Ini Penyebabnya

DEPOK, iNews.id - Bicara ban motor banyak hal yang menarik untuk diulas. Kali ini, mengenai  anggapan ban belakang lebih cepat gundul dibanding dengan ban depan. Benarkah demikian?

"Pernyataan ban belakang lebih cepat gundul dibandingkan ban depan, itu benar. Teknisnya, sekitar 60 persen bobot kendaraan berada di ban belakang," ujar Ucok Marbun, pemilik outlet ban Vidici Tire Shop saat berbincang-bincang dengan iNews.id, Rabu (11/4/2018).

Dia mengatakan bobot kendaraan meliputi mesin, rangka, beban pengendara dan penumpang di bagian belakang. Tak heran, bila daya tekan roda belakang lebih besar dibandingkan roda depan.

Selain bobot kendaraan, ternyata suhu panas yang dihasilkan dari knalpot dapat mengakibatkan ban belakang cepat gundul. Ditambah dengan kondisi jalan raya yang panas.

"Logikanya, posisi knalpot itu berdekatan dengan ban belakang. Jika knalpot dalam suhu panas, kemudian mengenai ban yang berbahan karet, sudah pasti berpengaruh ke kualitas ban tersebut," jelas Ucok.

"Satu lagi adalah seringnya menggunakan rem belakang. Tekanan dan gesekan ban dengan permukaan jalan terutama ketika rem mendadak menjadikan ban belakang cepat aus dan botak," tandas Ucok.

Editor : Dani Dahwilani