Y7 Pro 2019, Ponsel Baru Huawei dengan Desain Kekinian

Dini Listiyani ยท Sabtu, 12 Januari 2019 - 11:18 WIB

JAKARTA, iNews.id - Huawei kian gencar untuk mengenalkan perangkat teranyar di Indonesia. Setelah memperkenalkan seri Mate, Huawei akan memperbarui lini Y mereka.

Huawei akan memperkenalkan Y7 Pro 2019 dalam waktu dekat. Nah, iNews.id berkesempatan untuk mengulas smartphone tersebut.

Desain
Huawei Y7 Pro yang didapat tim iNews.id berwarna aurora blue. Warna tersebut gradasi antara hijau dan biru.

                                                        (Foto: Dini/iNews.id)

Desain yang dibawa Huawei Y7 Pro 2019 sangat simpel. Layaknya smartphone pada umumya, Y7 Pro dibekali notch di atas layarnya.

Di bagian belakang ada dua kamera yang berjajar secara vertikal. Tepat di bagian bawah kamera belakang terdapat flash LED untuk membantu pencahayaan saat gelap.

Bagian belakang Y7 Pro 2019 dibalut dengan material Polycarbonat yang mengkilap sehingga meninggalkan bercak tangan. Kendati demikian, bagian belakang Y7 Pro ini tidak mudah licin dan nyaman digenggam.

Beralih ke sisi kanan dan kiri Y7 Pro 2019. Pada sisi kiri akan ditemukan slot untuk SIM card. Sedangkan sisi kanan terdapat tombol volume dan power.

Nah, di bagian bawah Anda akan menemukan port USB untuk mengisi daya ponsel yang diapit oleh speaker. Untuk headphone jack akan ditemukan di bagian atas.

                                                         (Foto: Dini/iNews.id)

Layar
Huawei Y7 Pro dibekali layar yang cukup besar. Ya, smartphone seri Y terbaru Huawei ini dibekali dengan layar 6.26 inci beresolusi 720x1520 piksel.

Seperti smartphone kebanyakan, Huawei Y7 Pro 2019 dibekali dengan notch kecil di atasnya untuk mengakomodir kamera selfie. Berkat notch kecil tersebut, Y7 Pro 2019 berhasil mencapai layar nyaris tanpa bezel dengan rasio 19:9.

Berbicara notch atau poni, jika tidak menyukainya, Anda bisa dengan mudah menghilangkannya via opsi di dalam pengaturan.

                                                               (Foto: Dinil/iNews.id)

Layar Huawei Y7 Pro 2019 memiliki kerapatan piksel sekitar 269ppi yang membuatnya menghasilkan warna yang cukup jelas dan tajam. Dengan ukuran layar yang besar, membuat aktivitas multimedia di smartphone menjadi nyaman.

Meskipun ukuran layar besar, ternyata ponsel juga tidak terlalu besar. Dengan begitu, ponsel masih nyaman digenggam di tangan dan enak dibawa ke mana-mana.

Performa
Huawei Y7 Pro dibekali dengan Snapdragon 450 yang ditemani RAM 3GB dan memori internal 32 GB. Berbekal kemampuan tersebut, Y7 Pro 2019 cukup baik diajak multitasking.

Saat diuji bermain game, ponsel masih bisa diajak bermain dengan mulus dan minim lag. Selain itu, ponsel juga tidak terlalu cepat panas.

Di samping experience, saya menggunakan ponsel ini, saya juga menggunakan benchmark AnTuTu dan Geekbench untuk mengukur kinerja smartphone ini. Hasil benchmark AnTuTu Huawei Y7 Pro mencetak skor 73.383 dan Geekbench single-core 732 dan 2.975 multi-core.



Untuk kemampuan daya tahan, Y7 Pro mampu bertahan lama. Berkat dukungan baterai berkapasitas 4.000 mAh smartphone ini bisa diajak untuk beraktivitas selama seharian. Sayangnya, smartphone ini hanya ditopang oleh charger standar 5V/2A.

Kamera
Seperti yang dikatakan sebelumnya, Y7 Pro 2019 ini dibekali AI kamera ganda di bagian belakangnya. Kamera utama beresolusi 13 MP dan sekunder 2 MP untuk depth sensor dengan bukaan f/1.8.
                                                            (Foto: Dini/iNews.id)


Sedangkan untuk kamera depannya, Y7 Pro 2019 dibekali dengan single kamera 8MP. Untuk mendukung lingkungan minim pencahayaan, Huawei menyematkan flash LED tak hanya di bagian belakang, tapi juga depan.

Selain flash LED, Huawei juga menyematkan beragam mode menarik di Y7 Pro mulai dari aperture, beauty, video, pro, HDR, Lensa AR, dan banyak lagi untuk kamera depan dan belakang.

                                                              (Foto: Dini/iNews.id)

Berbekal dengan fitur yang kaya tersebut, saya mencoba untuk mengambil gambar menggunakan Y7 Pro 2019 di siang dan malam hari, baik indoor maupun outdoor.

Dari hasil pemakaian, kamera belakang Y7 Pro mampu mengambil gambar bokeh yang clear. Ponsel ini juga mampu mencari fokus objek cukup cepat.

                                                              (Foto: Dinil/iNews.id)

Fitur
Huawei Y7 Pro didukung fitur keamanan menarik. Salah satunya, fitur keamanan pengenal wajah. Dengan pengenalan wajah ini, Anda bisa membuka smartphone hanya mengarahkan wajah ke ponsel.

Saat dicoba, sensor pengenal wajah ini bisa dengan cepat mengenalinya. Alhasil, pengguna bisa membuka ponsel dengan cepat, kurang dari satu detik. Selain dengan wajah, tersedia opsi membuka ponsel dengan password juga.

Sementara untuk penyambung smartphone ke daya, Huawei hanya menyematkan USB 2.0. Padahal saat ini banyak smartphone telah menggunakan USB Type-C.

Kesimpulan:
Huawei Y7 Pro 2019 cocok untuk generasi muda. Sebab secara desain, Y7 Pro 2019 memiliki desain kekiniaan dengan warna menarik. Meskipun pada bagian belakang terasa cepat kotor.

Selain itu, kinerja ponsel ini juga cukup baik dan masih bisa diajak untuk beraktivitas seharian berkat baterai yang besar. Untuk kamera, Y7 Pro 2019 bisa menghasilkan foto bokeh cukup baik dan menawarkan banyak mode menarik.

Sementara itu, suara yang dihasilkan Y7 Pro 2019 juga tidak sember dan terdengar tidak pecah. Beruntung, smartphone ini juga masih memiliki 3.5mm headphone jack. Sebab, banyak produsen smartphone memutuskan untuk menghilangkan sektor tersebut.

(+)
*Desain kekinian
*Layar Besar dengan bodi tidak lebar
* Kamera belakang Ok
* Sensor pengenal wajah cepat respons

(-)
*Back panel cepat kotor
*Masih menggunakan USB 2.0

Editor : Dini Listiyani