Unggah Status Bernada Ujaran Kebencian, PNS di Lhokseumawe Ditangkap

Antara ยท Rabu, 16 Mei 2018 - 08:37 WIB
Unggah Status Bernada Ujaran Kebencian, PNS di Lhokseumawe Ditangkap

Ilustrasi ujaran kebencian. (Foto: Okezone)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Seorang pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Lhokseumawe, Provinsi Aceh, ditangkap polisi karena dianggap menyebar ujaran kebencian melalui media sosial.

Terduga atas nama BS (48) setelah mengunggah postingan berbau ujaran kebencian di akun Facebook miliknya. "Saat dilakukan patroli siber oleh Polres Lhokseumawe di media sosial, didapati ada tulisan pada akun media sosial yang bersangkutan mengandung unsur ujaran kebencian," ujar Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan, saat ditemui di kantornya, Selasa (15/5/2018) malam.

Menurut Ari, setelah menemukan konten yang mengandung ujaran kebencian, pihaknya lalu menelusuri siapa pemilik akun media sosial tersebut. Setelah diketahui siapa pemilik akun yang dimaksud, sang pemilik akun pun diamankan di Polres Lhokseumawe pada Selasa (15/5/2018) sekitar pukul 12.00 WIB.

"Barang bukti yang dikumpulkan dalam kasus tersebut adalah print out screen shoot tulisan yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat dari akun facebook tersangka," ujar Kapolres.

Dia menegaskan, perbuatan tersangka dapat dikenai Undang Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 sebagaimana telah dirubah dengan Undang Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dengan ancaman hukuman penjara enam tahun.

Di hadapan polisi, BS mengaku sengaja mengunggah status tersebut karena kesal dengan keadaan saat ini. Dia berpikir dengan mengunggah postingan tersebut akan memperbaiki keadaan saat ini agar lebih baik lagi ke depannya.


Editor : Himas Puspito Putra