4 Warga Tersengat Listrik saat Pasang Tenda Pernikahan, 1 Tewas

Jufri Zainuddin ยท Kamis, 11 Juli 2018 - 18:36 WIB
4 Warga Tersengat Listrik saat Pasang Tenda Pernikahan, 1 Tewas

Warga berkumpul di rumah korban yang tewas tersengat listrik di Desa Gampong Baro, Kecamatan Julok, Aceh Timur. (Foto: iNews/Jufri Zainuddin)

ACEH TIMUR, iNews.id – Empat warga Desa Gampong Baro, Kecamatan Julok, Aceh Timur, Aceh, tersengat listrik, saat memasang tenda untuk pesta pernikahan, Rabu (11/7/2018). Akibatnya, satu korban tewas di lokasi, satu kritis, dan dua lainnya mengalami luka bakar ringan.

Keempat warga diduga kesetrum karena kondisi tiang untuk pemasangan tenda berbentuk kerucut terlalu tinggi hingga mengenai kabel telanjang jaringan listrik PLN. Saat kejadian, para korban yang tengah memegang empat tiang besi langsung terpental. Salah satu di antaranya sempat berusaha menolong temannya. Namun belum sampai mendatangi mereka, korban terjatuh kembali hingga tidak sadarkan diri.

Warga dan petugas kepolisian setempat langsung mengevakuasi keempat korban ke puskesmas terdekat untuk mendapat perawatan. Saat pemeriksaan medis, salah satu korban, yakni Muhammad Mahatir (26), dinyatakan telah meninggal dunia. Sementara korban kritis bernama Sulaiman (54) dan saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Swata Graha Bunda Idi Rayeuk. Korban lainnya, Ilyas T Lusong (54) juga masih dirawat di Puskesmas Julok dan Jufriadi (26) dirawat jalan. 

“Mereka berempat sedang memasang teratak tenda untuk pernikahan yang berlangsung besok. Mereka kesetrum dan satu orang yang paling parah hingga meninggal dunia,” kata Sekretaris Desa Gampong Baro Abdurahman saat ditemui di rumah duka.

Kapolsek Julok Ipda Eko Hadinto juga menyatakan, petugas Polsek Julok langsung menuju lokasi untuk melakukan penyelidikan awal dan meminta keterangan saksi mengenai kejadian itu. Polisi juga membantu mengevakuasi para korban ke puskesmas. “Warga tersebut kesetrum listrik karena bukan ahlinya, jadi tidak melihat kalau ternyata aliran listrik terlalu rendah dengan posisi tenda tersebut,” kata Eko.

Eko mengatakan, sudah menghubungi PLN untuk segera memeriksa kondisi jaringan listrik di lokasi empat warga Desa Gampong Baro tersengat listrik. “Kenapa terlalu rendah posisi kabel listriknya atau apakah mungkin kondisi kabel listriknya yang tidak layak. Kami akan melakukan penyelidikan lebih lanjut,” paparnya.


Editor : Maria Christina