2 dari 11 Napi yang Kabur dari Rutan Takengon Berhasil Ditangkap

Okezone, Yusradi Yusuf ยท Kamis, 21 Februari 2019 - 17:19 WIB
2 dari 11 Napi yang Kabur dari Rutan Takengon Berhasil Ditangkap

Kondisi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, pascakaburnya 11 napi, Kamis (21/2/2019) dini hari. (Foto: iNews/Yusradi Yusuf)

ACEH TENGAH, iNews.id – Dua dari 11 narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, yang melarikan diri, berhasil ditangkap polisi, Kamis (21/2/2019). Mereka kabur dini hari tadi sekira pukul 03.00 WIB, setelah membobol kaca. Dalam aksinya, mereka juga menggunakan kain sarung.

"Iya, yang sudah ketangkap dua orang," kata Kasat Reskrim Polres Aceh Tengah Iptu Agus Riwayanto Diputra, Kamis (21/2/2019). Hingga kini, polisi masih memburu sembilan narapidana lainnya yang masih buron.

Kepala Rutan Kelas II B Takengon Sugianto mengatakan, ke-11 napi dan tahanan yang kabur tersebut menghuni ruang isolasi atau ruang karantina. Napi yang kabur turut membawa dua unit laptop berisi data keuangan Rutan Takengon.

BACA JUGA: 11 Napi Kabur dari Rutan Takengon Aceh Pakai Kain Sarung

Diduga, narapidana tersebut berhasil kabur setelah membobol plafon ruang karantina atau kamar 3, yang dihuni oleh 11 napi. Mereka menggunakan beberapa potong kain sarung yang disambung untuk naik ke plafon ruang karantina dan turun di ruang bendahara.

“Mereka turun ke ruang bendahara dari plafon dengan menggunakan kain sarung yang disambung-sambung. Dari ruang bendahara, ke-11 napi itu membongkar jeruji jendela. Selanjutnya, mereka kabur lewat jendela ruangan bendahara,” kata Sugianto.

Sugianto mengatakan, pihaknya sudah melaporkan insiden kaburnya 11 napi dan tahanan dari Rutan Kelas II B Takengon itu ke Polres Aceh Tengah.


Editor : Himas Puspito Putra