Warga yang Lahir Tanggal 17 Agustus Dapat Layanan SIM Gratis

Afsah ยท Kamis, 16 Agustus 2018 - 19:47 WIB
Warga yang Lahir Tanggal 17 Agustus Dapat Layanan SIM Gratis

Kapolres Aceh Barat AKBP Raden Bobby Aria Prakasa memberikan SIM gratis kepada warga yang lahir pada 17 Agustus. (Foto: iNews/Afsah)

ACEH BARAT, iNews.id – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan, berbagai acara digelar untuk memeriahkan hari istimewa itu. Di Aceh, Sat Lantas Polres Aceh Barat, Aceh, menggratiskan pembuatan surat izin mengemudi (SIM). Namun, ini hanya berlaku bagi warga yang tanggal lahirnya bertepatan dengan 17 Agustus.

Kegiatan ini berlangsung sejak Kamis (16/8/2018) hingga Sabtu (18/8/2019). Pantauan iNews, satu persatu warga yang tanggal lahirnya bertepatan dengan 17 Agustus ikut mengantre, Kamis sore. Mereka tetap harus mengikuti proses pembuatan SIM seperti ujian teori, psikologi, dan ujian praktik. Bedanya hanya mereka tidak perlu mengeluarkan biaya sebagaimana biasanya.

Kegiatan pembuatan SIM gratis bagi warga Aceh Barat ini mendapat apresiasi dari warga. Sedikitnya ada sembilan warga yang memiliki tanggal lahir bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Setelah melalui proses tes dan dinyatakan lulus, warga menerima SIM. SIM gratis tersebut diserahkan langsung oleh Kapolres Aceh Barat Raden Bobby Aria Prakasa.

Seorang warga Aceh Barat, penerima SIM gratis, Dianmas mengaku senang bisa mengurus SIM secara gratis. Awalnya dia tidak menyangka akan mendapatkan SIM gratis. “Rasanya senang. Saya enggak nyangka bisa dapat SIM gratis. Biasanya tahu-tahun lalu kan enggak pernah kayak gini,” kata Dianmas di Mapolres Aceh Barat, Rabu (16/8/2018).

Sementara itu, Kapolres Aceh Barat AKBP Raden Bobby Aria Prakasa mengatakkan, pihaknya menggelar pembuatan SIM gratis itu untuk menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI. Kegiatan itu tak hanya menjadi kontribusi dan penghargaan bagi warga, namun juga mendorong warga semakin tertib berlalu lintas. “Kami tentu berharap warga Aceh Barat bisa semakin meningkatkan kesadaran untuk tertib berlalu lintas,” kata Raden Bobby. 

Bagi warga Aceh Barat yang ingin mendapatkan SIM gratis dan lahir tepat pada 17 Agustus, masih bisa mengurus di Mapolres Aceh Barat hingga Sabtu, 18 Agutus 2018 nanti.


Editor : Maria Christina