Korupsi Bantuan Kedelai, 2 Pegawai Distan Nagan Raya Jadi Tersangka

Afsah · Jumat, 07 September 2018 - 13:19 WIB
Korupsi Bantuan Kedelai, 2 Pegawai Distan Nagan Raya Jadi Tersangka

Tipikor Polres Nagan Raya saat gelar perkara kasus dugaan korupsi dan pungli bantuan kedelai. (Foto: iNews/Afsah)

NAGAN RAYA, iNews.id – Polisi menetapkan dua pegawai Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Nagan Raya, Aceh, sebagai tersangka atas dugaan korupsi dan pungutan liar (pungli) bantuan kedelai untuk kelompok tani tahun anggaran 2016. Keduanya ditangkap sejak awal 2018 dan telah melalui serangkaian pemeriksaan.

Hasil penyelidikan, kedua pelaku terbukti melakukan penyelewengan dana bantuan dan pungli Rp500 juta lebih. Sedikitnya ada 38 kelompok tani yang menjadi korban pungli para tersangka. Selain itu dari tangan mereka, polisi juga mengamankan barang bukti uang Rp100 juta dan satu truk bibit kedelai beserta pupuk.

Identitas kedua tersangka yakni oknum Kepala Bidang Tanaman Pangan Distan Nagan Raya HP alias Hendra dan tenaga honorer LD alias Lisa. Atas perbuatannya, mereka dinilai telah merugikan negara Rp137 juta.

BACA JUGA: Korupsi, 2 Mantan Kades di Nagan Raya Diancam 20 Tahun Penjara

Kanit Tipikor Polres Nagan Raya Brigadir Vitra Ramadani mengatakan, hingga saat ini, penyidik telah memeriksa 24 saksi dari berbagai pihak untuk melengkapi berkas perkara. Selanjutnya tersangka dan barang bukti akan segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Nagan Raya.

"Kami menyita uang tunai Rp100 juta dan bantuan bibit yang tidak disalurkan oleh tersangka. Mereka djerat dengan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” kata Ramadani.

Kedua tersangka diancam dengan kurungan penjara empat tahun dan denda paling sedikit Rp200 juta. Saat ini, tersangka mendekam di sel tahanan Mapolres Nagan Raya.


Editor : Donald Karouw