Anggota DPR RI: Nilai-Nilai Pancasila Sejalan dengan Islam

Antara ยท Rabu, 12 September 2018 - 13:34 WIB
Anggota DPR RI: Nilai-Nilai Pancasila Sejalan dengan Islam

Ilustrasi. (Foto: dok.okezone).

BANDA ACEH, iNews.id – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyatakan umat Islam memiliki tanggung jawab lebih besar untuk memastikan berjalannya nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat.

"Umat Islam punya tanggung jawab menjalankan Pancasila. Sebab, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila juga sejalan dengan nilai-nilai Islam," kata anggota DPR RI asal Aceh HM Nasir Djamil di Banda Aceh, Rabu (12/9/2018).

Anggota Komisi III DPR RI itu juga mengatakan, nilai-nilai yang sejalan dengan Islam tersebut karena setiap poin dari lima sila Pancasila tersebut terinspirasi dari ajaran Islam.

"Sila-sila yang ada dalam Pancasila terinspirasi dari ajaran-ajaran Islam yang memang sudah hidup dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun lalu," ujar dia.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mencontohkan sila pertama Pancasila dengan jelas disebutkan bahwa Indonesia ini adalah negara berketuhanan, bukan negara ateis atau tidak percaya tuhan.

"Sila ini dengan tegas menunjukkan bahwa agama merupakan elemen penting untuk menopang keberlangsungan perjalanan bangsa Indonesia," kata Nasir.

Kemudian, kata dia, sila kedua Pancasila yang menyebutkan kemanusiaan yang adil dan beradab. Sila ini juga sangat sejalan dengan nilai Islam, karena Islam hadir untuk memanusiakan manusia dan memberikan rasa keadilan bagi seluruh manusia.

Dia juga menjelaskan begitu juga dengan sila ketiga, yang berarti seluruh rakyat Indonesia berkewajiban untuk terus menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Amanat persatuan tersebut merupakan ajaran fundamental Islam yang tertuang dalam Alquran.

"Termasuk juga dua sila lainnya. Jadi, semua butir-butir yang ada dalam Pancasila tersebut terinspirasi dari nilai-nilai Islam," ujarnya.


Editor : Muhammad Saiful Hadi