Banjir Kepung Sejumlah Kabupaten di Aceh, Akses Jalan Terputus

Antara ยท Selasa, 02 Oktober 2018 - 22:28 WIB
Banjir Kepung Sejumlah Kabupaten di Aceh, Akses Jalan Terputus

Banjir merendam rumah warga di Kabupaten Aceh Barat Daya, Selasa (2/10/2018). (Foto: Antara)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MEULABOH, iNews.id – Banjir mengepung sejumlah kabupaten di Provinsi Aceh, Selasa (2/10/2018). Akibatnya akses jalan terputus dan mulai melumpuhkan aktivitas masyarakat di barat selatan Aceh.

Banjir tersebut terjadi di Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat Daya (Abdya), Nagan Raya, hingga Aceh Barat. Di Kabupaten Aceh Selatan, jalan yang menghubungkan Kuala Baru Aceh Singkil menuju Bulohseuma, Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, amblas setelah diterjang banjir dalam sehari terakhir.

“Badan jalan yang berada di perbatasan kabupaten itu amblas karena derasnya air banjir luapan sungai pada Senin (1/10/2018), sekitar pukul 22.00 WIB,” kata Sekretaris Camat Kuala Baru, Tantawi, saat dihubungi di Singkil, Selasa (2/10/2018).

BACA JUGA:

Banjir Bandang Terjang Padang Pariaman, Puluhan Warga Terisolasi

Usai Gempa, Banjir Lumpur 8 Meter Telan 1 Desa di Perbatasan Palu-Sigi

Dia mengatakan, di lokasi itu sebelumnya dihubungkan box culvert untuk melewati anak sungai kecil. Namun curah hujan tinggi yang mengguyur Aceh Singkil mengakibatkan debit air meningkat. Air meluap hingga ke darat.

Derasnya terjangan air banjir menghempaskan box culvert dan badan jalan hingga kondisi jalan tersebut telah amblas mencapai 25 meter. Warga yang nekat melintasi harus mendorong kendaraan roda dua melewati sungai kecil.

“Rusaknya badan jalan ini mengakibatkan kebutuhan bahan pokok yang disuplai melalui jalan darat ini menjadi terhenti. Aktivitas kendaraan darat dari Aceh Singkil tujuan Aceh Selatan juga lumpuh total,” paparnya.

Menurut Tantawi, pihak kecamatan sudah melaporkan kondisi tersebut kepada Bupati Aceh Singkil. Mereka berharap akan ada alokasi dana untuk pembangunan badan jalan dan jembatan dari Pemerintah Provinsi Aceh.

“Kami sangat berharap ada bantuan untuk pembangunan jalan dan jembatan ini, terutama dari Pemerintah Provinsi Aceh, mengingat sentralnya keberadaan jembatan yang menghubungkan dua kabupaten tersebut,” katanya.


Editor : Maria Christina