BKSDA Tangkap Buaya Pemangsa Manusia di Aceh Jaya

Afsah ยท Senin, 01 Juli 2019 - 15:59 WIB
BKSDA Tangkap Buaya Pemangsa Manusia di Aceh Jaya

Penangkapan buaya pemangsa manusia menjadi tontonan warga. (Foto: Dok iNews).

ACEH JAYA, iNews.id - Tim dari Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Aceh menangkap seekor buaya sepanjang empat meter yang kerap meresahkan warga. Hewan buas ini juga diduga telah menerkam seorang nelayan.

Pantauan iNews, buaya sepanjang empat meter ini akhirnya masuk dalam perangkap yang dipasang tim BKSDA. Mereka sudah memasangnya sudah sembilan hari lalu di bantaran sungai.

Seorang warga, Abdul Hadi mengatakan, perangkap buaya ini dipasang di bantaran Sungai Krueng Riagih, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

BACA JUGA: Warga Oba Tidore Tangkap Buaya 4 Meter Diduga Telah Memangsa Manusia

"Memang sulit menangkapnya. Perangkap saja dipasang sejak sembilan hari lalu, baru sekarang tertangkap," kata dia kepada wartawan di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, Senin (1/7/2019).

Buaya tersebut lalu dievakuasi menggunakan perahu boat nelayan menuju ke tepi sungai. Warga sempat menonton evakuasi buaya, dan melihat hewan buas yang disebut sempat memakan manusia beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Warga Tangkap Buaya Pemakan Manusia, Saat Dibelah Isi Perutnya Mengejutkan

Hadi juga mengatakan, selama satu tahun terakhir, keberadaan buaya tersebut telah menelan korban jiwa, salah satunya nelayan saat mencari ikan di aliran sungai tersebut.

"Buaya ini membuat kecemasan warga selama ini terutama nelayan. Sebab buaya ini pernah menerkam salah satu dari mereka," ujar dia.

Setelah berhasil ditangkap, buaya ini selanjutnya akan diamankan sementara ke kantor BKSDA Kota Banda Aceh. Kemudian, akan ditawarkan di lembaga konservasi di Aceh atau Sumut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal