Cuaca Buruk, Helikopter Bom Air Gagal Berangkat Menuju Aceh Barat

Antara ยท Sabtu, 10 Agustus 2019 - 07:35 WIB
Cuaca Buruk, Helikopter Bom Air Gagal Berangkat Menuju Aceh Barat

Ilustrasi helikopter. (Foto: Istimewa).

MEULABOH, iNews.id - Helikopter bom air yang dipakai untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Aceh Barat, gagal berangkat. Kondisi tersebut karena cuaca buruk yang membuat helikopter tak bisa terbang.

Helikopter jenis Kamov dengan nomor registrasi RA-31009 milik Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), masih berada di landasan udara (Lanud) Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.

"Tidak jadi berangkat karena di Banda Aceh dan sekitarnya sedang cuaca buruk, sehingga helikopter tidak bisa terbang," kata Koordinator Pusdalops BPBD Aceh Barat, Mashuri, saat dikonfirmasi, Jumat (9/8/2019) malam.

Apabila cuaca membaik, kata dia, informasinya helikopter tersebut akan diberangkatkan dari Lanud Sultan Iskandar Muda Aceh Besar pada Sabtu (10/8/2019) pagi menuju Aceh Barat.

Kedatangan helikopter tersebut diharapkan dapat membantu pemadaman api dari udara akibat karhutla di Aceh Barat sejak awal Juli 2019 lalu. Api saat ini masih belum bisa dipadamkan.

"Api semakin meluas, dan ada beberapa titik yang sulit dijangkau," ujar dia.

Upaya pemadaman api yang dilakukan BPBD, TNI, Polri, relawan serta masyarakat juga terkendala peralatan serta sumber air. Dia berharap helikopter bom air BNPB tersebut bisa membantu penanganan karhutla di Aceh Barat.

"Dengan adanya helikopter milik BNPB ini, kami berharap pemadaman api di Aceh Barat dapat segera teratasi," tambahnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal