Diterjang Banjir Bandang, Jalan Nasional di Aceh Tenggara Lumpuh Total

Ismail Marzuki ยท Selasa, 27 November 2018 - 15:44 WIB
Diterjang Banjir Bandang, Jalan Nasional di Aceh Tenggara Lumpuh Total

Lumpuhnya jalan nasional antarkabupaten di Aceh Tenggara menyebabkan kemacetan lalu lintas. (Foto: iNews.id/Ismail Marzuki).

ACEH TENGGARA, iNews.id - Akses jalan nasional antarkabupaten di Aceh Tenggara - Gayolues, Aceh, lumpuh total. Jalur tersebut tidak bisa dilintasi kendaraan lantaran banyaknya sisa-sisa material banjir bandang yang belum dibersihkan.

Pantauan iNews, lumpur tebal masih menumpuk. Belum lagi gelondongan kayu yang menutup badan jalan. Akibatnya, terjadi antrean sepanjang dua kilometer di sepanjang jalan tersebut.

BACA JUGA: 

"Harapannya bisa segera dibersihkan, supaya kendaraan bisa kembali melintas," kata Dedi, seorang pengendara truk yang terjebak macet di jalan kawasan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, Selasa (27/11/2018).

Dedi bersama pengendara lainnya terpaksa menunggu berjam-jam di sana. Mereka menunggu alat berat dari dinas pemerintah daerah (pemda) dikerahkan untuk mengevakuasi material banjir.

Menurut dia, lumpur tebal sekitar 40 sentimeter benar-benar tak bisa dilewati. Kalau memaksakan diri, roda mobil bisa tersangkut lumpur.

BACA JUGA: 

"Semoga alat beratnya segera datang untuk membersihkan lumpur dan kayu," ujar dia.

Sebagian warga terpaksa berjalan kaki agar bisa sampai ke tempat tujuannya. Beberapa sepada motor pun nekat melintas dengan hati-hati.

Bukan cuma akses jalan, banjir bandang melanda dua desa di Kecamatan Ketambe, Aceh Tenggara mengakibatkan puluhan rumah rusak, beberapa di antaranya tergolong rusak berat. Bahkan, tiga rumah hanyut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal